Komunitas Mahasiswa NTT UAJY Rutin Gelar Bakti Sosial ke Panti Asuhan

Komunitas Mahasiswa NTT Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Komantta UAJY) berkunjung ke Panti Asuhan Darun Najah.

Katolikana.com—Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta terdapat sejumlah komunitas mahasiswa berbasis kedaerahan, salah satunya Komunitas Mahasiswa Nusa Tenggara Timur.

Komantta UAJY adalah kumpulan mahasiswa dari berbagai daerah asal NTT yang belajar di Universitas Ama Jaya Yogyakarta.

Komunitas ini kerap melakukan aksi sosial, salah satunya mengunjungi panti asuhan Darun Najah dan memberikan sumbangan seperti makanan, mainan dan juga pakaian.

Menurut ketua divisi perlengkapan Komantta UAJY Alis Poleng, mereka memilih panti asuhan sebagai sasaran bakti sosial karena ingin memberikan kebahagian kepada anak-anak.

Komunitas ini tak hanya memberikan sumbangan tetapi hadir di tengah-tengah anak-anak untuk memberikan dukungan dan semangat.

“Saya memilih panti asuhan karena sejak kecil  khususnya pada perayaan Natal sudah diajarkan keluarga berkunjung  ke panti asuhan untuk memberi kebahagian kepada anak-anak panti dengan bermain game bersama, bernyanyi dan kegiatan seru lainnya,” kata Alsis.

Darun Najah merupakan panti asuhan dalam naungan kelembagaan islam dan Komantta sendiri mayoritas beragama Nasrani.

“Tujuannya untuk mempererat tali persaudaran antarumat beragama,” tambahnya.

Alis Poleng (tengah) dan dua orang anggota Komantta UAJY. Foto: Istimewa

Rutin Gelar Aksi Sosial

Selain menjadi wadah berkumpulnya anak NTT di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Komantta UAJY bercita-cita agar berguna bagi masyarakat.

“Komantta bercita-cita bermanfaat bagi masyarakat Jogja, salah satunya dengan program kerja kunjungan ke Panti Asuhan Darun Najah,” ucap Alsis.

Alsis mengungkapan sejak bergabung Komantta,  terhitung dua kali komunitas ini mengunjungi panti asuhan, tepatnya pada 2019 dan 2022.

“Tahun 2019 Komantta berkunjung ke salah satu panti asuhan. Saya tergabung sebagai anggota. Tahun 2022 saya dipercaya memegang langsung kegiatan sosial ke panti asuhan Darun Najah,” ucapnya.

Alsis mengungkapan Komantta sempat terhalang oleh wabah pandemi Covid-19 tahun 2020-2021, sehingga kegiatan bakti sosial tidak dapat dijalankan.

“Komantta punya program kerja bakti sosial ke Panti Asuhan setiap tahun. Tapi sempat terhalang pandemi di mana kebanyakan anggota Komantta belum berada di Jogja dan protokol kesehatan masih sangat ketat,” tukas Alsis.

Dana Mandiri

Alsis mengungkapan dana untuk sumbangan panti asuhan Darun Najah murni dari iuran anggota Divisi Perlengkapan.

“Dana membeli kebutuhan seperti makanan, minuman dan snack dari iuran anggota divisi perlengkapan yang kami kumpulkan lalu kami belanjakan,” ucap Alsis kepada Katolikana.

“Kebutuhan pokok yang kami prioritaskan seperti beras, mie, telur dan jajanan. Melihat mayoritas penghuni panti asuhan adalah anak-anak,” tambahnya.

Tak hanya kebutuhan pangan, kekompakan Komantta UAJY juga terlihat dari sumbangan pakaian layak pakai milik anggota Komantta untuk anak panti asuhan Darun Najah.

“Selain makanan dan minuman kami memberikan sumbangan berupa pakaian layak pakai. Dari luar divisi juga ikutan menyumbang pakaian, bahkan ada yang menyumbang beras 5 kg,” ujar Alis.

Infografis: Komunitas Mahasiswa NTT UAJY

Suasana Menggembirakan

Alsis mengaku suasana yang terjalin bersama anak-anak Panti Asuhan Darun Najah hangat dan menggembirakan. Mereka sangat terhibur dengan kehadiran tim Komantta.

“Kedatangan kami disambut ramah oleh pengurus panti. Anak-anak panti juga begitu bersemangat begitu tahu kedatangan kami. Hal ini membuat saya dan teman-teman terharu walaupun dengan kondisi serba terbatas namun mereka tetap happy menjalani hidup,” ucapnya.

Anak-anak panti asuhan Darun Najah begitu antusias dengan games yang dibuat oleh tim Komantta UAJY. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dengan pendamping.

“Kegiatan kami seru sekali. Anak-anak panti begitu bersemangat bermain game yang kami buat. Kami membagi mereka menjadi kelompok-kelompok kecil dan memberi tugas setiap kelompok untuk membuat yel-yel, kemudian menjawab kuis, dan beberapa game lainnya,” ujarnya.

Alsis mengaku bahagia bisa mengunjungi dan membantu panti asuhan Darun Najah walaupun tidak seberapa.

Ia berharap bantuan dan kunjungan Komantta UAJY bisa membantu kehidupan mereka serta memberikan dukungan bagi anak panti asuhan Darun Najah.

“Saya berharap kehadiran Komantta UAJY ke Panti Asuhan Darun Najah memberikan semangat dan dukungan bagi mereka. Semoga bantuan kami bisa berguna untuk kehidupan mereka. Mereka itu anak-anak kuat, hebat dan disayangi Tuhan,” ungkap Alsis.

Alsis berharap Komunitas Mahasiswa NTT UAJY bisa kompak menjalin tali persaudaraan di tanah rantau agar cita-cita untuk berguna bagi masyarakat dapat terus mereka lakukan.

“Saya berharap Komantta UAJY selalu kompak, walaupun bukan kakak adik kandung tapi sama-sama dari NTT, sama-sama anak rantau. Itu berarti kami adalah keluarga,” ungkapnya.

“Semoga harapan untuk berguna dan bisa membantu sesama bisa kami lakukan terus,” pungkas Alsis. (*)

Kontributor: Frederico Hanung, Prisca Iresti, Amanda Stevany, Tiksow Febrianty

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Komantta UAJYUAJY
Comments (1)
Add Comment
  • Arjan

    Mantttaaaaaaaapppppppp KOMANTTA