Kabar dari Bangau: Seminari Palembang Tumbuhkan Benih Panggilan Anak dan Remaja Lewat Lomba

Seminari St. Paulus Palembang menaburkan benih panggilan melalui Aksi Panggilan 2019 dengan menggelar aneka lomba.

0 578

Katolikana.com – Minggu, 5 Mei 2018. Seminari Menengah St. Paulus Palembang dibanjiri ratusan anak-anak dan remaja dari Paroki-Paroki Sedekanat I Palembang. Mereka hadir menyemarakkan kegiatan Aksi Pangggilan bertema “Talitakum : Hai anak, bangunlah!”

“Talitakum dipilih sebagai tema Aksi Panggilan tahun ini untuk memberi semangat dan dorongan bagi para peserta maupun seminaris sendiri untuk bersukacita merayakan undangan panggilan Tuhan” kata Ketua Panitia Pelaksana, Charles Oktavianus, seminaris kelas Rhetorica A.

Kegiatan Aksi Panggilan ini dibuka dengan opening ceremony di Aula Semangat pada pagi hari lalu dilanjutkan dengan lomba yang diikuti oleh para peserta dari Dekanat I Palembang yakni Paroki Katedral St. Maria, Paroki St. Yosep yang terbagi wilayah Yosep 1 dan Yosep 2, Paroki St. Petrus, Paroki Sanfrades, Paroki Hati Kudus, Paroki St. Stefanus, Paroki St. Maria Ratu Rosario dan Paroki St. Paulus

“Sejak pagi, kami cemas karena hujan turun begitu deras. Cemas apakah anak-anaknya akan datang atau tidak” ungkap Faustinus Trias Windu (19), salah satu panitia pelaksana. Hujan deras yang mengguyur kota Palembang tidak menyurutkan antusias peserta yang hadir. Peserta usia mulai dari Pra-TK hingga kelas IX SMP sesak memenuhi Aula Semangat yang menjadi pusat kegiatan.

Kegiatan Aksi Panggilan ini menyelenggarakan delapan mata lomba, diantaranya : mewarnai, menghias telur, fashion show religius, lektor, mazmur, LCT, koor, dan pentas seni. Masing-masing dewan juri merupakan seorang imam atau biarawan/biarawati.

“Kami tidak punya target juara, yang penting kami tampil baik,” Ujar Ika, pendamping Sekolah Minggu Paroki St. Yosep 2. Penampilan yang dibawakan dari masing-masing Kontingen Paroki menarik dan unik. Hal ini membuktikan persiapan matang yang dilakukan oleh para peserta.

Menurut Maria Dini, Juara I Lomba LCT asal Paroki St. Petrus ia dan tim melakukan persiapan yang matang. “Kami bertiga membagi tugas, ada yang mendalami materi Kitab Suci dan juga Liturgi. Rasanya deg-degan mau ikut lomba, tapi kami percaya diri saja. Alhasil kerja keras kami terbayar memuaskan,” katanya, tersenyum.

Siswa-siswa, Staf dan Pimpinan Seminari St. Paulus Palembang bersuka cita menggelar Aksi Panggilan untuk anak-anak dan remaja Sedekanat I Palembang pada 5 Mei 2019. Foto: Andreas Yubile

Bangun Panggilan Suci

Menurut Ketua Panitia, Charles Oktavianus, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membangun semangat panggilan dalam diri anak-anak. “Harapannya bahwa anak-anak kekinian dapat menjadi benih-benih panggilan bagi Gereja masa depan dengan menjadi imam, biarawan/biarawati.”

Suasana sejak pagi hingga sore hari terasa begitu meriah. “Semoga suasana ini juga menggambarkan suasana hati anak-anak kami agar mereka juga tertular semangat panggilan suci dari kakak-kakak seminaris,” tutur Ika.

Romo Rektor Seminari St. Paulus Palembang, Petrus Sugiarto, SCJ, memberikan selamat kepada Paroki Santo Yosep 1 yang meraih Juara Umum Aksi Panggilan 2019 pada 5 Mei 2019. Foto: Andreas Yubile

Misa Kreatif

Seluruh kegiatan ditutup dengan Perayaan Ekaristi pada pukul 14.10 WIB. Ekaristi dipimpin RP. Petrus Sugiarto, SCJ, Pater Rektor Seminari Menengah St. Paulus Palembang. Misa nampak sedikit berbeda. Kali ini misa dirayakan dengan kreatif. Para seminaris dan Staf Seminari mengatur pembawaan liturgi bacaan dengan teknik menghafal, sehingga lebih hidup dan menarik.

Misa juga dimeriahkan dengan iringan musik Kolintang oleh para seminaris. Saat Homili Romo Sugiarto mengundang perwakilan biarawan dan biarawati dari tarekat yang hadir, seperti SCJ, BHK, HK, FSGM dan FCH. Mereka memperkenalkan kehidupan serta karya-karya dari tarekat masing-masing.

 

Peserta Lomba Anak-anak dan Remaja pada Aksi Panggilan di Seminari St. Paulus Palembang. Foto: Andreas

 

Seusai misa, diadakan pengumuman para pemenang dari setiap lomba yang diselenggarakan. Hasilnya bahwa Paroki St. Yosep 1 berhasil menjadi Juara Umum dengan torehan 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

“Terimakasih untuk panitia pelaksana dan pihak Seminari atas kegiatan ini. Semoga Aksi Panggilan ini menginspirasi anak-anak untuk mempersembahkan diri untuk Tuhan. Dan di sisi lain dapat mengundang anak untuk semakin aktif mengikuti kegiatan menggereja,” kata Ika.

 

Andreas Yubile

 

Kontributor: Andreas Yubile,

Seminaris St Paulus Palembang

 

 

* Kabar dari Bangau adalah medium penggerak Seminaris Menulis di Seminari Santo Paulus Palembang yang didukung oleh Katolikana.com.

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.