Inilah Kekuatan Doa Novena Tiga Salam Maria

Setiap kali ada masalah, saya langsung pergi ke Bunda Maria dan berdoa Novena 3 Salam Maria.

6 9,691

Katolikana.com—Saya rajin berdoa Novena Tiga Salam Maria sejak kelas 1 SMP. Doa pertama kali yang saya minta ke Bunda Maria adalah agar saya naik kelas 2.

Ketka mengingat masa-masa itu, saya jadi terharu, karena membayangkan saya yang masih berusia 1Tiga tahun tapi memiliki iman sebesar itu.

Padahal saya dibesarkan oleh keluarga kawin campur. Ayah seorang Katolik dan ibu seorang Muslim.

Meskipun ayahku Katolik, tapi bisa dibilang Katolik KTP, sementara ibuku tidak bisa mengajari saya iman Katolik.

Sejak kelas 6 SD saya pergi ke gereja sendiri. Kadang bersama ayah jika ayah lagi tidak mager.

Menurut saya, kekuatan doa Novena Tiga Salam Maria itu tidak ada tandingannya. Semua doa yang kusebutkan dalam Novena Tiga Salam Maria pasti selalu dikabulkan oleh Bunda Maria.

Seakan tepat sasaran dan terjadilah! Maka saya senang berdoa kepada Bunda Maria dan memohon pertolongannya untuk mendoakan saya kepada Tuhan Yesus.

Saya memulai doa novena di hari pertama saya ujian kenaikan kelas. Saya berdoa selama sembilan hari berturut-turut di jam yang sama.

Dulu lebih mudah karena ketika saya SMP saya belum mengenal gadget sehingga setelah saya selesai makan malam dan belajar, sebelum tidur saya langsung berdoa novena.

Setelah saya berhasil naik kelas 2 SMP, plus dengan nilai-nilai mata pelajaran yang ternyata juga bagus, saya merasa Bunda Maria memberi saya bonus tambahan karena ketekunan berdoa.

Bunda Maria

Ketagihan

Dari situlah saya ketagihan. Setiap saya memiliki keinginan, saya selalu lari ke Bunda Maria. Bahkan, hingga sekarang saat saya memasuki usia 37 tahun.

Kelihatan menyenangkan ya! Kita punya Bunda Maria yang selalu bisa kita andalkan. Di saat kita punya masalah, langgung datang ke dia dan mulai mendaraskan permohonan-permohonan kita.

Supaya doa kita dikabulkan oleh Bunda Maria sebenarnya tidak semudah kita duduk tenang dan berdoa seperti biasa.

Menurut saya, ada hal-hal berat yang harus dijalani. Kita harus berdoa selama sembilan hari berturut-turut dan di jam yang sama tanpa putus.

Setelah doa kita dikabulkan, kita wajib mewartakan kabar baik kepada semua orang kalau doa novena kita telah dikabulkan.

Maka tak heran kalau kita sering mendengar kabar baik terkabulnya doa novena sebelum misa kudus dimulai.

Fokus dan Pusatkan Pikiran

Sebelum memulai berdoa, kita benar-benar harus fokus dan memusatkan pikiran kita kepada Bunda Maria.

Dulu, biar gampang, saya membayangkan Bunda Maria datang kepada saya dan bertanya: “Kamu kenapa?”, layaknya seperti seorang ibu yang datang kepada anaknya.

Saya mulai membayangkan Bunda duduk di depan saya dan saya mulai bercerita.

Ketika sedang berdoa, kita juga harus membayangkan apa yang menjadi permasalahan atau permohonan kita sambil berafirmasi positif bahwa doa kita pasti dikabulkan.

Sebagai contoh, ketika saya ada permohonan mendapatkan pekerjaan setelah saya di PHK karena pandemi.

Sambil berdoa Salam Maria, saya membayangkan saya diterima bekerja di kantor baru. Saya membayangkan mulai memakai baju kerja, berangkat pagi dan sampai di kantor baru.

Ini yang disebut kekuatan law of attraction atau kekuatan berpikir kita yang membawa semesta mengabulkan permohonan kita.

Ternyata, doa itu benar dikabulkan, meski tidak instan langsung dikabulkan karena saya harus menunggu sekitar tiga minggu setelah doa novena selesai.

Menurut saya menunggu itu tidak masalah. Waktu yang menurut kita baik, belum tentu baik bagi Tuhan. Kita harus menunggu sampai Tuhan bilang ya!

Rosario Tiga Salam Maria. Foto: mother-mary.org

Doa Novena Lain

Selain Novena Tiga Salam Maria, ada Novena Kanak-Kanak Yesus atau Novena Santo Yudas Tadeus yang bisa kita lakukan untuk memuluskan misi kita agar Tuhan mengabulkan permohonan kita.

Dua dari tiga doa novena sering saya daraskan apabila saya berhadapan dengan masalah atau sedang  memiliki permohonan.

Sama dengan Novena Tiga Kali Salam Maria, novena Kanak-Kanak Yesus dan novena Santo Yudas Tadeus harus didoakan selama sembilan hari berturut-turut di jam yang sama.

Doa Novena Tiga Kali Salam Maria adalah doa yang awalnya terlihat mudah tapi ternyata tidak mudah. Karena tidak mudah maka doa ini tidak pernah gagal.

Cepat atau lambat, Bunda Maria pasti akan menolong kita, mendoakan kita kepada Tuhan Yesus dan mengabulkan doa kita.

Sebagai orang Katolik kita tidak perlu takut dalam menghadapi masalah apa pun. Kita punya doa yang sangat bisa kita andalkan yaitu doa novena. (*)

Ibadat Doa Novena Tiga Salam Maria

Kontributor: Anastasia Eka Pratiwi

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

6 Comments
  1. Paul Lein says

    Seandainya berdoa Novena Tiga Salam Maria tidak pada jam yang sama tapi stiap hari tetap berdoa novena apakah tdk sah doa kita? Saya baru mulai mencoba tapi tdk selalu pada jam yang sama. Mohon pencerahannya 🙏🙏🙏

    1. Anastasia says

      Hallo kak, maaf baru balas.
      Sebaiknya tepat waktu selama 9 hari berturut-turut karena disitulah esensinya berdoa novena yang kuasanya luar biasa. Kalo kita tidak tepat waktu dan disiplin menurut aku pribadi ga ada gregetnya.
      Bila kakak lupaan bisa pakai alarm.
      Pilih waktu dimana kakak benar-benar bisa duduk berdoa tanpa ada gangguan.
      Semoga membantu ya.

  2. bhasry says

    maff mau nanya seandainya jam novena kita bersamaan dengan jam misa merayakan hari Raya tertentu ,kita pilih yang mana?novena atau kita ikut misa?

  3. Yaya says

    Sebenarnya kalau tidak tepat waktu tidak apa apa. Asalkan tidak disengaja. Tetap harus diniatkan tepat waktu. Dan tidak boleh terlewat. Harus full 9 hari. Saat bangun tidur, sebelum aktivitas pagi.
    Atau jam 6 sore. (kalau saya)
    Soalnya acara misa itu biasanya diatas jam 6 sore kan?
    Kebanyakan jam 7.
    Terimakasih

  4. Oliva says

    Ka mau tanya dalam doa novena tiga kali Salam Maria itu kan ada 3 kali permohonan doa kita juga, nah apakah setiap permohonan itu sama, atau juga bisa berbeda dan apakah permohonan itu dilaraskan setiap 9 hari berturut-turut?
    Terima kasih

  5. Benedikta hera says

    Apakah bisa dilakukan pada jam 10 malam?? Soalnya lbih tenang pada jam” Bgt… Maksih kk🥳🙏

Leave A Reply

Your email address will not be published.