Ziarah ke Gua Maria Kerep, Jangan Lupa Nikmati 6 Kuliner Wajib di Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa memiliki sejumlah spot yang wajib dikunjungi di dalam pancuran air suci, Taman Eden, Patung Maria Assumpta, Jalan Salib, Pusat Souvenir, dan Pujasera.

0 1,502

Katolikana.com—Gua Maria Kerep Ambarawa menjadi pilihan ziarah dan wisata rohani di Jawa Tengah. Gua ini dibangun pada 1954 setelah Gua Maria Sriningsih di Klaten Jawa Tengah, dan Gua Maria Sendangsono di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembangunan Gua Maria Kerep Ambarawa diawali dengan persembahan tanah seorang warga Belanda kepada Gereja. Oleh Gereja, tanah itu diberikan kepada Kongregasi Bruder Para Rasul.

Kongregasi yang didirikan oleh Mgr Albertus Soegijapranata ini beranggota orang-orang pribumi dan berstatus kongregasi keuskupan. Setelah kongregasi ini dibubarkan, didirikanlah Gua Maria Kerep Ambarawa di tanah tersebut.


Gua Maria Kerep Ambarawa memiliki sejumlah spot yang wajib dikunjungi di dalam pancuran air suci, Taman Eden, Patung Maria Assumpta, Jalan Salib, Pusat Souvenir, dan  Pujasera.

Patung Maria Assumpta merupakan objek wisata terbaru. Patung ini baru selesai dikerjakan pada 27 April 2017. Patung setinggi 42 meter ini menjadi daya tarik wisatawan.

Pengunjung yang masuk ke area Gua Maria Kerep tidak dikenakan biaya. Di masa pandemi Covid-19 ini, Gua Maria Kerep Ambarawa beroperasi dari pukul 06.00-22.00 WIB.

6 Kuliner Wajib Ambarawa
Berkunjung ke Gua Maria Kerep Ambarawa, tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner legendaris kota Ambarawa: Pecel Mbok Kami, Chinese Food Pak Gomin, Soto Pak Djan, Tahu Campur Pak Samino, Rumah Makan AA, dan Serabi Ngampin.

1. Pecel Mbok Kami

Foto: Instagram @nicolausdito

Pecel Mbok Kami bisa dibilang kuliner wajib yang harus dikunjungi ketika singgah ke Gua Maria Kerep Ambarawa. Lokasinya berada di arah jalan menuju Gua. Pecel Mbok Kami ini berdiri sejak 1960-an. Pengunjung bisa menikmati nasi pecel yang dilengkapi berbagai macam lauk seperti telur ceplok, sate keong, gorengan, sate telur, dan kerupuk. Pilihan minuman pun beragam. Ada teh, jeruk, dawet, kolak, dan es kombinasi. Pecel Mbok Kami buka pukul 06.00-15.00.

2. Soto Pak Djan

Foto: Viona Suryono

Rumah Makan Soto Pak DJan berdiri sejak 1961. Soto diracik oleh Aminah (alm), dan resep legendaris soto ini dipertahankan oleh penerus rumah makan soto ini yaitu Mulyani.
Soto yang disajikan bersama dengan babat dan iso ini cocok dinikmati kapan saja. Yuk, nikmati racikan rempah yang khas dari Soto Pak Djan. Rumah makan soto ini buka pukul 06.00-18.00 WIB.

3. Tahu Campur Pak Samino

Foto: Instagram @nanangdudiermawan

Ke Ambarawa ingin menyantap tahu campur? Tahu Campur Pak Samino jawabannya. Sejak jualan keliling hingga sekarang, Samino sudah berjualan tahu campur lebih dari 40 tahun.
Pengunjung bisa memilih pelengkap tahu campur yaitu beberapa gorengan yang tak kalah enaknya, seperti tempe mendoan dan tahu isi. Warung tahu campur ini buka pukul 10.00-21.00 WIB.

4. Chinese Food Pak Gomin

Foto: Viona Suryono

Rumah Makan Chinese Food Pak Gomin adalah salah satu pilihan utama bagi pengunjung yang ingin menyantap berbagai macam olahan Chinese Food. Buka pada pukul 17.00-22.00 WIB, rumah makan ini menawarkan bermacam-macam pilihan menu, diantaranya adalah Nasi Bakmoy, Fu Yung Hai, Kekyan, dan Cap Cay.

5. Rumah Makan AA

Foto: Viona Suryono

Rumah Makan AA juga menyajikan berbagai macam makanan chinese. Beralamat di Jalan Jendral Sudirman No.142, Ambarawa, rumah makan ini berdiri sejak 1978. Sembari menikmati dekorasi bernuansa kuno, pengunjung bisa menikmati berbagai olahan ayam, sapi, dan babi. Porsi makanan yang disajikan cukup besar dan cocok bagi kunjungan keluarga.

6. Serabi Ngampin

Foto: Viona Suryono

Sepanjang Jalan Ngampin, terdapat jajaran penjual serabi yang dengan lihai membuat serabi di wajan tanah liat kecil di atas tungku kayu bakar. Ditemani dengan kuah campuran santan dan gula merah yang hangat, semangkuk serabi yang disajikan hangat ini bisa kita nikmati hanya dengan harga 6.000 rupiah. Warung serabi ini mulai buka pada pukul 08.00-17.00.

Demikian enam kuliner legendari yang wajib Anda singgahi dan cicipi saat berziarah ke Gua Maria Kereb Ambarawa. Lokasi kuliner ini dengan mudah ditemukan di Google Maps.

Kontributor: Viona Suryono (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.