Uskup Agustinus Resmikan Gereja Mendalam

Mendalam adalah tempat lahir Gubernur Kalimantan Barat Pertama JC.Oevang Oeray

0 227

Katolikana.com—Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus meresmikan Gereja Paroki Santo Antonius dari Padua Mendalam, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (18/10/2022).

Uskup Agustinus mengatakan kegiatan ini sekaligus sebagai penghargaan kepada JC. Oevang Oeray Gubernur Dayak Pertama Kalimantan Barat yang adalah asli putra Mendalam.

Dalam acara itu hadir pula Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap dan Ir. Florentius Anom Kepala Dinas Hortikultura dan Tanaman Pangan sekaligus mewakili Gubernur Kalimantan Barat.

Acara dimulai dengan penyambutan adat untuk tamu kehormatan, dilanjutkan dengan Melaa’ (acara adat Mendalam) dan perarakan.

Hadir pula dalam momen kegiataan itu Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus, dan Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap. Foto: Samuel

Gubernur Sutarmidji dalam sambutan yang dibacakan oleh Ir. Florentius Anom mengatakan, pembinaan keagamaan merupakan tanggung jawab bersama.

Untuk itu, upaya strategis antara Pemerintah Daerah dan seluruh lembaga-lembaga dan organisasi keagamaan serta tokoh-tokoh agama dalam mewujudkan masyarakat Kalbar yang agamis, perlu dilakukan.

Gubernur mengajak seluruh komponen masyarakat Kalimantan Barat agar dapat menyikapi perbedaan dengan arif dan bijaksana.

“Mari bersama kita saling bertenggang rasa, memaafkan satu dengan yang lain atas segala kesalahan, kekhilafan dan kekeliruan kita masing-masing,” ujar Sutarmidji.

“Dengan demikian situasi dan kondisi Kalimantan Barat, yang telah aman dan damai ini, dapat membawa kita kepada kerukunan hidup umat beragama, yang religius dan sejahtera,” tambahnya.

“Semoga dengan peresmian ini dapat meningkatkan keimanan warga Kapuas Hulu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Sutarmidji.

Pimpinan Keuskupan Sintang Uskup Samuel Oton Sidin, OFMCap menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Karena yang dibuat untuk paroki Santo Antonius Mendalam dibuat juga untuk Keuskupan Sintang.

“Saya ucapkan terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah mengulurkan tangan membantu kita lewat pribadi-pribadi yang baik hati,” kata Uskup Samuel Oton Sidin OFMCap.

Uskup juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kapuas Hulu yang turut turun tangan dalam proses penyelesaian Gereja di Mendalam.

Tujuh Miliar Rupiah

Uskup Samuel Oton Sidin OFMCap menyatakan terharu dengan usaha semua pihak yang telah menunjukkan semangat untuk membangun gereja bersama Paroki Santo Antonius Padua Mendalam.

“Tanpa bantuan saudara-saudari, sulit dibayangkan bahwa gereja Mendalam akan terbangun semegah ini dengan nilai kurang lebih 7 miliar rupiah. Memang jumlah dana itu bukanlah jumlah yang kecil, jadi pantas untuk disyukuri,” ujar Uskup Samuel.

“Harapan kita, dengan keindahan gereja ini ke depan umat paroki Santo Antonius Mendalam bisa bertumbuh kembang megah seperti tergambarkan gereja yang megah ini,” tambah Uskup.

Kegiatan peresmian ditutup dengan peninjauan gereja dan pemukulan gong secara serentak. Foto: Samuel

Penghargaan untuk Gubernur Pertama

Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus menjelaskan tahun 2017 Uskup Agustinus meletakkan batu pertama pembangunan sebagai tanda dukungannya dari awal pembangunan hingga peresmian tahun 2022.

“Saya meletakan batu pertama pembangunan gereja ini pada 2017, waktu itu sebagai Administrator Keuskupan Sintang,” kata Uskup Agustinus.

Mgr. Agustinus Agus sangat mendukung karena Mendalam adalah tempat lahirnya Gubernur Kalimantan Barat dan orang Dayak Pertama JC.Oevang Oeray. Baginya peristiwa ini sebagai tanda penghargaan kepada beliau Oevang Oeray.

Kegiatan ditutup dengan peninjauan gereja dan pemukulan gong secara serentak menandakan gereja telah selesai diresmikan. Pemberkatan dilakukan pada hari Rabu (19/10/2022). (*)

Kontributor: Samuel, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.