Expo Karya Pemuda 2022, Kok Ada Lomba untuk Anak?

Disdikpora gelar Expo Karya Pemuda. Salah satu kegiatannya adalah lomba menggambar dan mewarnai untuk anak.

0 128

Katolikana.com—Indonesia terkenal kaya akan keragamannya. Pemuda Indonesia harus bersatu membangun bangsa yang baik agar terhindar dari hal-hal negatif yang dapat memecah belah antarsuku, ras, dan agama di Indonesia.

Inilah inti pesan yang tersirat dari gelaran Expo Karya Pemuda 2022 memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta di Mal Malioboro.

Nita Baskoro, Ketua Panitia Expo Karya Pemuda

Berbagai lomba digelar untuk mengasah minat dan bakat pemuda-pemudi Indonesia, seperti lomba mewarnai, dance, dan lain-lain.

Menurut Ketua panitia Nita Baskoro untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Disdikpora Kota Yogyakarta mengadakan rangkaian kegiatan. Setiap hari ada organisasi pemuda yang memegang tiap event.

Event pertama yang digelar yaitu lomba menggambar dan mewarnai yang dikhususkan untuk anak-anak usia TK hingga SD.

Kenapa acara pemuda kok ada lomba menggambar untuk anak-anak? Anak-anak dinilai sebagai calon pemuda, maka dari itu dapat dimulai dari anak-anak yang dilatih untuk berani tampil sejak TK dan SD.

“Mereka juga calon pemuda bangsa. Jadi, kita mulai dari yang kecil, kita berlatih untuk berorganisasi seperti itu, salah satunya dengan menggambar ini mereka dituntut untuk berani tampil dan meraih prestasi,” ujar Nita Baskoro.

Mal Malioboro dianggap tepat dan cocok untuk kegiatan Expo Karya Pemuda karena terletak di pusat kota sehingga memudahkan masyarakat yang akan bergabung.

Suasana di tempat lomba pun sangat ramai. Tak hanya peserta lomba dan orang tua, sejumlah pengunjung mal juga ikut melihat dan memeriahkan event Expo Karya Pemuda.

Peserta TK dan SD Sedang Lomba Menggambar.

Harapan

Menurut Nita Baskoro, event Expo Karya Pemuda dibuat tak hanya untuk mendorong peserta, tetapi sebagai faktor pemicu agar pemuda memiliki kesadaran dan kemauan untuk berperan aktif dalam memajukan Indonesia, salah satunya dengan cara mengikuti organisasi dengan kegiatan yang positif.

“Kita berharap organisasi pemuda bisa memiliki dan menciptakan kegiatan positif sehingga menarik pemuda untuk bisa menarik orang-orang yang belum ikut dalam organisasi tersebut,” ucap Nita Baskoro.

Kontributor: Catharina Rosa, Angela Tasya, Kristian Pandu, Nisa Nursiyah (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.