Pemuda Katolik Komisariat Cabang Makassar Pilih Ketua Baru

0 444

Katolikana.com – Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sulawesi Selatan baru saja melaksanakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) dan Musyawarah Komisariat Cabang (MUSKOMCAB) pada 13-14 Maret 2021 di aula Keuskupan Agung Makassar.

Kegiatan MAPENTA diikuti oleh peserta yang berasal dari dua komisariat cabang yakni Makassar dan Gowa. Agenda ini juga memilih ketua baru untuk memimpin Pemuda Katolik Komisariat Cabang Makassar. Selain itu juga dilaksanakan pengukuhan anggota sebanyak 34 orang.

Caretaker Pemuda Katolik Komisariat Daerah (KOMDA) Sulawesi Selatan, Febrianto Pasila menuturkan, “Sebagai organisasi yang berfokus pada pembinaan, Pemuda Katolik ingin berkontribusi bagi kemajuan para pemuda khususnya generasi muda Katolik di wilayah Sulawesi Selatan”.

Kegiatan musyawarah yang dilakukan oleh Pemuda Katolik Komcab Makassar. (Foto: istimewa)

Secara terpisah, Koordinator Pemuda Katolik Wilayah (KORWIL) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, Wiliam Laurin,SE mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi para pemuda katolik untuk berbuat demi gereja dan negara. “Proses memang perlu tapi yang paling penting adalah outputnya. Dan bagi ketua yang terpilih agar dapat menjalankan amanah dengan baik dan bisa membuktikan visi misinya dengan bekerja lebih maksimal”, ujarnya.

Sebagai salah satu ormas besar dan berusia hampir sama dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia, Pemuda Katolik khususnya Komisariat Daerah Sulawesi Selatan terus memperbarui diri dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kegiatan MAPENTA ini menjadi awal dari proses panjang menuju pembaruan itu.

Selain kegiatan MAPENTA, dilaksanakan kegiatan MUSKOMCAB Makassar dan Gowa pada 14 Maret 2021. Dalam MUSKOMCAB Makassar, hasil musyawarah mengangkat dan memberikan mandat kepada Gaudensius M. Gadu,S.Sos sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Makassar untuk periode 2021-2023.

“Sosialisasi Pemuda Katolik Komisariat Cabang Makassar kepada segenap lembaga diantaranya Pemerintah Kota Makassar dan KNPI Kota Makassar akan menjadi salah satu tujuan di awal kepengurusan yang baru. Selain tentunya meningkatkan sinergitas bersama organisasi katolik lainnya di bawah hirarki gereja Keuskupan Agung Makassar”, tutur Gaudensius.

Berada ditengah situasi masa kini yang sangat dinamis, memang mengharuskan setiap komponen di negara ini untuk senantiasa saling bekerja sama dalam menghadapi setiap tantangan. Agar persatuan tetap kokoh dengan generasi muda yang progresif sebagai salah satu fondasinya.

Laporan kontributor: Adinata Febian Wahyu dari Makassar.

Editor: Basilius Triharyanto

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.