Dapurmak_ck, Bisnis Online Makanan Khas Pontianak di Tengah Pandemi

Kevin Cornelius Kowira awalnya iseng jualan makanan bareng Miaw, sang ibu.

1 213

Katolikana.com—Memulai serta menjalankan bisnis bukanlah hal mudah. Hal itu dirasakan oleh Kevin Cornelius Kowira atau akrab disapa CK.

Kevin merupakan seorang mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional di Bali. Ia mengambil jurusan Food Production dan tertarik pada bidang pastry.

Bisnis online @dapurmak_ck dibangun bersama sang ibu, Miaw Luan, di kota asalnya Pontianak, Kalimantan Barat.

Awalnya Iseng

Pada September 2018, Kevin memulai bisnis online yang menjual selai srikaya khas Pontianak melalui media sosial Instagram.

“Awalnya karena iseng itu buka usaha, karena bingung mau ngapain. Kan saya ambil gap year selama satu tahun. Jadinya, bareng ibu iseng buka bisnis online jualan saja katanya,” ujar Kevin kepada Katolikana, Rabu (13/10/2021).

Kevin menjelaskan, menjual selai srikaya khas Pontianak adalah ide sang ibu.

“Iya, saya sarankan buka bisnis jual makanan saja, karena Kevin suka masak-masak,” ujar Miaw.

Kevin menceritakan bahwa bisnis online tersebut terbilang cukup sukses. Ia mengaku sering mendapatkan pesanan dari teman-teman serta kerabat dekat.

Kevin Cornelius Kowira. Foto: Istimewa

Rajin Ikut Festival

Merasa bisnis berjalan cukup lancar, Kevin menambahkan menu baru yaitu kue tart susu.

Ide ini datang dari dirinya sendiri yang merupakan penggemar kuliner pastry.

Berbekal kedua menu tersebut, ia mulai sering mengikuti festival-festival kuliner lokal untuk promosi.

“Beberapa kali ikut festival kuliner, sekalian jualan dan promosi, soalnya ramai pengunjung,” tutur Kevin.

Ia sempat bertemu sejumlah orang penting saat mengikuti festival kuliner.

“Waktu itu pernah ikut Festival Cap Go Meh, Tahun Baru Imlek, ketemu sama pak walikota dan istrinya, mampir ke stand dengan rombongan,” cerita Kevin.

Ia juga pernah mendapatkan undangan dan pesanan khusus dari Kantor Gubernur Kalimantan Barat untuk menjamu Airlangga Hartarto, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

“Tahun 2019, pernah dapat pesanan. Katanya, orang dari Kantor Gubernur, mau pesan kue sekalian memberi undangan. Katanya, ada acara jamuan buat menteri, waktu itu belum tahu menteri siapa,” ujar Miaw.

Hal tersebut dianggap oleh Kevin sebagai buah manis hasil kerja keras dari upayanya melakukan promosi melalui serangkaian acara festival kuliner.

Makanan khas Pontianak. Foto: Istimewa

Makanan Khas Pontianak

Saat memulai bisnis online, Kevin hanya menjual selai srikaya khas Pontianak sehingga dinamakan @srikaya_ck

Kemudian berganti menjadi @ck_cakebakery setelah menambah menu kue-kue, dan berganti lagi menjadi @dapurmak_ck.

Pergantian nama tersebut seiring dengan penambahan menu-menu kuliner khas Pontianak, mulai dari menu pastry seperti kue soes, kastengel, dan nastar.

Kemudian ada jajanan gorengan khas Pontianak seperti hetiauw, talas pedas manis, ikan asin jambal serta frozen food khas Pontianak seperti oukeng dan hekeng ayam.

“Kita masak makanan rumah, makanan khas Pontianak. Banyak pelanggan kita pesan dari luar negeri. Ada yang kerja, ada yang mahasiswa kuliah. Mereka kangen sama makanan Pontianak,” ujar Miaw.

Hengki, mahasiswa di Sydney, Australia menceritakan pengalamannya selama menjadi pelanggan @dapurmak_ck. Ia sering pesan produk @dapurmak_ck selagi saya kuliah di Sydney.

“Saya biasa pesan frozen foodnya seperti oukeng dan hekeng. Responnya selalu cepat dan ramah. Produk yang dikirimkan dalam kondisi baik meski jaraknya lumayan jauh,” ujar Hengki ketika dihubungi melalui Instagram.

Bisnis di Tengah Pandemi

Ketika pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada awal tahun 2020, Kevin mengakui bahwa bisnis onlinenya juga terkena imbas.

“Pas pandemi bisnis juga kena, soalnya harga bahan naik, padahal omset turun,” ujar Kevin.

Tetapi hal tersebut tak menghentikannya untuk terus menjalankan bisnis online.

Miaw bahkan mendaftarkan diri menjadi penjamah makanan (food handler) berlisensi melalui Dinas Kesehatan Kota Pontianak demi meningkatkan kredibilitas terhadap kehigienisan dan sanitasi setiap produk @dapurmak_ck.

“Kita tidak berhenti, coba cari akal. Kita cari menu yang bisa dikelola gampang, misalnya talas. Baru kita tambah menu baru, kirim-kirim sampai pesanan di luar negeri. Akhirnya pelan-pelan bisa jalan lagi,” jelasnya.

Kevin berharap anak muda yang ingin memulai bisnis tidak membiarkann menjadi ide semata.

“Selama ada kesempatan dan kemampuan maka harus direalisasikan. Ketika kesempatan masa muda lewat, maka hanya penyesalan yang tersisa,” pungkasnya.**

Kontributor: Fiona Troyandi, Immanuella Devina Florentina Sihaloho, Devina Meliani, Verryn Priscilla Limbert, Charles Durand (Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

1 Comment
  1. […] Steak Pontianak Dapurmak_CK sebenarnya telah berdiri sejak tahun 2018 tepatnya Pada bulan September 2018, awalnya Kevin memulai bisnis online yang menjual selai srikaya khas Pontianak melalui media sosial Instagram. Ide ini sebenarnya merupakan ide dari sang ibunda tercinta. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.