Rayakan Fransiscan Day, ASMI Santa Maria Yogyakarta Gelar Misa Kudus, Lomba Karaoke, dan Lomba Yel

Romo Mutiara Andalas SJ: Mulailah dengan melakukan hal yang perlu. Setelah itu, lakukanlah hal yang mungkin. Tanpa kita sadari, kita akan melakukan hal-hal yang tampak mustahil.

0 150

Katolikana.com—Salah satu menu di Starbucks merupakan sumbangan dari Santo Fransiskus Asisi. Nama menunya adalah Frappucino, karena namanya hampir sama.

Kelakar ini disampaikan oleh Romo Mutiara Andalas SJ pada homili Misa Kudus Fransiscan Day di Kapel ASMI Santa Maria Yogyakarta, Jumat (7/10/2022) pukul 10.00 WIB.

Saat homili, Romo Mutiara Andalas SJ mengisahkan tentang kebesaran Santo Fransiskus Asisi dan Kongregasi Suster OSF sebagai pendiri ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Romo Andalas berkisah, suatu hari Fransiskus Asisi mengajak para anggota muda keluar untuk berkotbah. Anggota muda pun menyiapkan segala hal dengan matang.

Keesokan harinya mereka pun berjalan-jalan, namun Fransiskus Asisi tidak berhenti-berhenti berjalan. Yang dilakukan hanyalah menyapa semua orang yang dijumpai.

Sampai malam tiba, anggota muda mulai tidak sabar karena tidak sampai-sampai. Bertanyalah mereka Bapa, sebenarnya ini mau kemana? Masih jauh atau tidak? Kapan kita akan berkotbah?

Fransiskus Asisi menjawab, ‘Bukankah sepanjang perjalanan kita sudah berkotbah melalui sapaan dan sentuhan kita. Mengapa Anda menunggu kapan kita akan berkotbah?’

“Mulailah dengan melakukan hal yang perlu. Setelah itu, lakukanlah hal yang mungkin. Tanpa kita sadari, kita akan melakukan hal-hal yang tampak mustahil,” pungkas Romo Andalas.

Misa kudus diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan, diiringi petugas koor dari Asrama Katarina Daemen dengan petugas organ Seraviona dari Prodi Manajemen Semester 3.

Lomba Karaoke dan Yel

Usai Misa diumumkan untuk seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan untuk mengikuti lanjutan rangkaian dari Perayaan Frasiscan Day yaitu Lomba Karaoke dan Yel di Auditorium.

Direktur ASMI Santa Maria Yogyakarta Dr. Yohanes Suraja mengawali sambutan dengan sedikit nyanyian ‘Ojo Dibandingke’ dari penyanyi Denny Caknan ft Abah Lala.

“Kenapa saya menyanyikan lagu Ojo dibanding-bandingke? Agar kita jangan membanding-bandingkan satu sama lain. Mari kita kembangkan semangat persaudaraan seperti yang telah diajarkan oleh Santo Fransiskus Asisi melalui lomba karaoke dan yel-yel hari ini,” pesan Yohanes Suraja.

Kebersamaan Mahasiswa Mahasiswi ASMI Santa Maria Yogyakarta pada Lomba Karaoke dan Yel pada acara Fransiskus Day, Jumat (7/10/2022). Foto: V. Rafaelia Arum Shevana

Lomba karaoke diikuti oleh 9 peserta mewakili tiap prodi perangkatan. Mahasiswa lain yang tidak ikut lomba pun hadir di Auditorium untuk mendukung teman-teman mereka dengan yel-yel yang membuat suasana perayaan lomba menjadi lebih meriah.

Lomba karaoke dan yel ditutup dengan foto bersama, pengumuman juara, dan bernyanyi bersama. Hadiah pemenang lomba diserahkan oleh Wakil Direktur 3 Erna Wantiyastuti.

Dari lomba ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan antarmahasiswa ASMI Santa Maria agar tali kekeluargaan dapat terikat sesuai ajaran Santo Fransiskus Asisi. (*)

Kontributor: Gabriela Praharani Mahasiswa dan V. Rafaelia Arum Shevana, Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta.

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.