Menghadirkan Semangat Vincentius A Paulo di Tunas GUSDURian 2022

0 583

Katolikana.com – Beberapa mahasiswi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memadai selama tiga hari kepada sekitar seribuan peserta dalam Temu Nasional (TUNAS) GUSDURian 2022 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, 14-16 Oktober 2022.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan St. Vincentius A Paulo adalah perguruan tinggi kesehatan Katolik yang berokasi Jalan Jambi 12 – 18 Kota Surabaya. Lembaga ini bernaung di bawah binaan Yayasan Pendidikan Kesehatan Arnoldus (YPKA) yang didirikan oleh para Suster Konggregasi Abdi Roh Kudus (SSpS).

 

Tim Kesehatan dari Stikes memeriksa kesehatan peserta di Tunas Gusdurian. Foto: Donbosco Lobo/Katolikana.com

“Sebagai orang Katolik sangat senang karena merupakan pengalaman baru dimana pertama kali saya bertugas di luar kampus sehingga bisa kenal dengan orang – orang baru dan bisa melayani mereka sesuai dengan kapasitas saya . Selain banyak orang baru lingkungannya juga baru bagi saya” kata Gaudensia Dhey, mahasiswi semester tiga.

 

Gaudensia Dhey. Foto: Donbosco Lobo/katolikana

Kesan serupa juga disampaikan oleh Diana Odilia Boro. Gadis yang lahir pada tanggal 25 Agustus 2000 Menyampaikan bahwa selama tiga hari berada di tempat itu pengalaman, wawasan, dan lingkungan pergaulannya semakin bertambah.

Lebih lanjut Odilia menuturkan bahwa ketika melayani peserta yang sakit dengan berbagai keluhan, ia mempraktikan yang diajarkan sekolahnya, sekaligus memperkenalkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik dan menghadirkan semangat St. Vincentius A Paulo kepada para GUSDURian yang datang dari berbagai penjuru di tanah air.

Odilian/Foto: Istimea

Gadis asal Gresik itu menambahkan bahwa kunci utama berhasilnya pelayanan yang diberikan selama ini terletak pada kecermatan, kerjasama, dan komunikasi yang baik di antara tim.

Bagi Odilia, GUSDURian adalah rumah bersama di mana ia sebagai pemeluk agama Katolik bisa diterima dengan baik. “Inilah yang membuat kami semangat di tempat kegiatan, sehingga kami tidak sungkan dan segan dapat menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan dengan baik,” kata Odilia.

Kesan yang sama juga dirasakan oleh Anita Firdaus teman seangkatan Densy dan Odilia. “Sebagai pemeluk agama Islam saya bangga dan menyampaikan terima kasih kepada lembaga yang menghadirkan pengalaman baru bagi saya dan teman-teman” tutur yang berdomisili di Tambak Mayor Kota Surabaya.

Katolikana merupakan official media partner TUNAS GUSDURian 2022.

Guru Pendidikan Agama Katolik di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Penggagas Gerakan Katakan dengan Buku (GKdB), Anggota Pustaka Bergerak Indonesia, Pendiri Sa’o Pustaka dan beberapa Taman Baca serta pegiat literasi nasional. Lewat GKdB penulis menggerakan masyarakat baik secara pribadi maupun komunitas dalam mendonasikan buku untuk anak-anak di seluruh Indonesia. Guru Motivator Literasi (GML) tahun 2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.