Siswa SMA Katolik St.Louis I Surabaya dan Umat Lingkungan Santo Yusup Tosari Ikuti Pertemuan Adven

Umat lingkungan sudah mulai aktif kembali dalam kegiatan di lingkungan maupun paroki

0 195

Katolikana.com—Siswa peserta live in dari SMA Katolik  St. Louis I Surabaya bergabung bersama umat Lingkungan Santo Yusup Tosari Banjarasri mengikuti pertemuan Adven Kedua di Kapel Santo Yusup Tosari, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Tema pertemuan Adven kedua ini adalah Berjalan Bersama Membangun Pertobatan. Umat diajak untuk menantikan kedatangan Tuhan dengan sikap tobat dan memulihkan diri dari segala kekurangan dan keterputukan yang pernah terjadi.

Pertemuan berjalan dengan penuh senda gurau dan interaksi yang hangat antara umat Lingkungan Santo Yusup Tosari dan peserta live in dari SMA Katolik St.Louis I Surabaya.

Suasana pertemuan Adven Kedua di Kapel Santo Yusup Tosari.

Umat dan para siswa saling berbagi pengalaman pribadi mereka mengenai pengamatan mereka terhadap umat lingkungan dan keluarga dalam merayakan Sakramen Ekaristi dan kegiatan di lingkungan pada masa pemulihan pandemi.

Ketua Lingkungan Santo Yusup Tosari Agustinus Maryanta membagikan pengamatannya bahwa umat lingkungan sudah mulai aktif kembali dalam kegiatan di lingkungan maupun paroki.

Ia berharap umat Lingkungan Santo Yusup Tosari makin aktif dalam kegiatan menggereja baik di lingkungan dan paroki, agar kegiatan-kegiatan menggereja dapat hidup dan pulih kembali seperti dahulu sebelum pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga disampaikan oleh guru pendamping dari SMA Katolik St.Louis I Surabaya Sisca.

“Di masa pasca pandemi ini umat Katolik telah dibuat nyaman dengan adanya teknologi seperti fasilitas live streaming Youtube atau fasilitas Zoom meeting yang pada masa pandemi banyak digunakan oleh umat Katolik untuk merayakan misa dan kegiatan keagamaan lainnya,” ujar Sisca.

Sisca berharap agar di masa pascapandemi ini iman kita makin kuat dan tidak terjebak dalam kenyamanan teknologi.

“Semoga kita makin mengeratkan semangat persaudaraan untuk secara bersama-sama kembali berkumpul untuk merayakan perayaan Ekaristi dan kegiatan menggereja lainnya baik di lingkungan maupun di paroki,” ungkapnya.

Sisca, guru SMA Katolik St.Louis I Surabaya.

Dari pertemuan Adven kedua ini, umat Lingkungan Santo Yusup Tosari dan peserta live in diajak untuk mewujudkan pertobatan dalam mempersiapkan kehadiran Sang Juru Selamat.

Agustinus Maryanta mengajak umat untuk makin aktif terlibat dalam kegiatan sinodalitas hidup pada kegiatan hidup menggereja baik di lingkungan maupun paroki.

“Sebagai umat Katolik kita perlu menyadari bahwa Gereja merupakan paguyuban rohani bukan fisik belaka yang ditandai dengan baptis berkat satu kesatuan hidup dengan Kristus,” pungkasnya. (*)

Kontributor: Luciani Berthin Aninda, Mahasiwa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.