Uskup Agung Palembang Sambut Langsung Kedatangan Kontingen IYD di Jakabaring Palembang

Ketua IYD III RP Albertus Magnus Kristiadji MSC: Ini kesempatan untuk memulai lagi kolaborasi

0 241

Katolikana.com—Peserta Indonesian Youth Day (IYD) III Palembang dari seluruh Indonesia tiba di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang pada Minggu (26/6/2023).

Suasana kompleks JSC terlihat makin ramai. Hingga Minggu, jumlah yang datang hampir 1500 orang peserta.

Kedatangan peserta IYD dari beberapa Keuskupan langsung disambut oleh panitia dengan pemberian tanjak dan selendang songket ciri khas Palembang.

Uskup Agung Palembang Mgr. Harun Yuwono menyambut kontingen peserta IYD dari Papua. Foto: Daris

Uskup Keuskupan Agung Palembang (KAPal) Mgr Yohanes Harun Yuwono dan Vikaris Jenderal KAPal Romo Felix Astono SCJ turut menyambung peserta yang datang.

Perhelatan akbar kaum muda Katolik bertajuk Indonesian Youth Day (IYD) akan buka di Palembang pada 26-30 Juni 2023. IYD ketiga ini mengangkat tema besar Bangkit dan Bersaksi yang terinspirasi dari tema besar Hari Orang Muda Sedunia (World Youth Day).

IYD pertama diadakan di Sanggau 2012, disusul di Manado 2016, dan ketiga 2023 di Palembang setelah tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19.

Pertemuan bersama di Palembang 26-30 Juni 2023 adalah puncak dari rangkaian IYD setelah adanya beberapa kegiatan pra-selebrasi.

Beberapa kegiatan sudah berlangsung dilakukan di keuskupan masing-masing. Misalnya, kirab salib IYD keuskupan, doa dan katekese, serta live in sosial dan live in lintas agama.

Ketua IYD III RP Albertus Magnus Kristiadji MSC menjelaskan bahwa tujuan kegiatan IYD adalah membangkitkan kembali intelektual, emosional, serta spiritual pemuda-pemudi, khususnya orang muda Katolik.

Kontingen dari Keuskupan Jayapura tiba di lokasi IYD. Foto: Daris

IYD 2023 menjadi kesempatan berkolaborasi serta menyingkirkan sekat-sekat yang tercipta di tengah pemuda-pemudi pada masa pembatasan pandemi.

“IYD 2023 mendorong orang muda agar semakin mencintai Tuhan dan Gereja, dan mau terlibat membangun bangsa Indonesia dengan peduli. Ini kesempatan untuk memulai lagi kolaborasi,” kata Romo Aji.

Indonesia Youth Day akan dibuka pada Senin (26/6/2023), pukul 10.00. Sobat Katolikana bisa mengakses siaran live streaming melalui kanal Youtube Komsos KAPal.

Pensiunan pendidik di SD Xaverius 2 Palembang, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi di universitas Bina Darma Palembang, dan Sekretaris ISKA Palembang

Leave A Reply

Your email address will not be published.