Sanpio Cup Remaka Dekanat II KAPal: Remaka Harus Jadi Berkat

Remaka Dekanat II juga mengundang imam diosesan dan banyak tarekat hidup bakti.

0 516

Katolikana.com—Perhelatan akbar Temu Remaja Katolik (Remaka) Dekanat II Keuskupan Agung Palembang kembali dilaksanakan pada 22-25 Juni 2023 lalu. Dekanat II sering disebut Dekanat Belitugubatu yaitu akronim dari Belitang, Tugumulyo, Baturaja dan Batuputih.

Kegiatan dengan tema Persaudaraan dalam Iman ini digelar di Stasi Keluarga Kudus Tegal Arum, Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera selatan.

Ketua Panitia Pelaksana Sanpio Cup 2023 Petrus Sugiono. Foto: Istimewa

Tema persaudaraan diangkat karena ada keprihatinan para pembina Remaka, bahwa setelah merebaknya pandemi Covid-19 anak-anak cenderung individual, asyik dengan gadget masing-masing.

“Kita akan mencairkan itu melalui kegiatan ini, mengingatkan dan menyadarkan mereka bahwa di sekitar kita juga ada teman-teman yang lain, yang selain bersaudara secara fisik, tetapi juga bersaudara secara iman,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Sanpio Cup 2023 Petrus Sugiono.

Lebih dari 1200 orang terlibat dalam kegiatan ini, 916 di antaranya adalah peserta Remaka yang berasal dari tujuh  paroki di Dekanat II, yaitu:

  1. Paroki Kristus Raja Tugumuyo OKI
  2. Paroki Para Rasul Kudus Tegalsari
  3. Paroki Santa Maria Tak Bernoda Tegalrejo
  4. Paroki Santa Maria Assumpta Mojosari
  5. Paroki Trinitas Bangunsari
  6. Paroki Sang Penebus Batuputih
  7. Paroki Santo Petrus dan Paulus Baturaja

Kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini disebut Sanpio Cup, mengambil semangat Santo Pius X yang memiliki perhatian terhadap orang muda Gereja.

Di dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk mengadakan aneka kegiatan perlombaan antar paroki berupa gladi rohani dan gladi jasmani.

Ada sejumlah kegiatan perlombaan antarparoki yang terbagi dalam dua bentuk, yaitu gladi rohani dan gladi jasmani.

“Gladi Rohani diisi dengan lomba lektor, lomba cerdas cermat rohani, lomba mazmur, lomba koor, dan lomba bertutur Kitab Suci sedangkan Gladi Jasmani diisi dengan kegiatan lomba fustsal, lomba volley, lomba pentas seni, dan lomba senam kreasi,” terang Petrus.

Juara Umum Sanpio Cup 2023, Remaka Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja. Foto: Istimewa

Uskup Antusias

Kegiatan ini dibuka oleh Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono.

Ia mengisahkan bahwa Bapa Uskup sangat mendukung dan tampak sangat antusias mengikuti kegiatan Remaka ini.

“Bapa Uskup sangat antusias, dalam Misa Pembuka berulang kali beliau mengatakan Remaka Dekanat II hebat, Remaka Dekanat II luar biasa dan beliau meminta supaya Remaka Dekanat II juga menjadi berkat,” ujar Petrus.

“Selain itu Bapa Uskup juga menekankan kepada anak-anak tentang semangat ekologis untuk mencintai lingkungan dan seluruh ciptaan, semangat yang ditegaskan dalam Arah Dasar Keuskupan Agung Palembang,” tambahnya.

Para imam, diakon dan biarawan dan biarawati dari Keuskupan Agung Palembang dan berbagai tarekat yang hadir dalam gelaran Sanpio Cup 2023. Foto: Istimewa

Promosi Panggilan

Petrus juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dikemas sebagai kesempatan untuk mempromosikan pangggilan hidup bakti, menjadi imam, biarawan dan biarawati.

“Kami mengundang imam diosesan dan banyak tarekat hidup bakti untuk hadir dalam kegiatan ini. Mereka yang hadir adalah Kongregasi Putri Kasih, HK, PBHK, ALMA, OP, FCH, FSGM, CB, dan Diosesan Palembang,” ungkap Petrus.

“Selain membuka stand panggilan, kami juga melibatkan mereka untuk menjadi juri perlombaan juga dalam seluruh dinamika kegiatan, supaya para imam, frater, biarawan dan biarawati yang hadir dapat berinteraksi dengan anak-anak. Harapannya tentu agar anak-anak akhirnya ada yang tertarik untuk mengikuti jejak mereka,” imbuhnya.

Setelah melalui proses dinamika dan keseruan dalam perlombaan Gladi Jasmani dan Gladi Rohani, kontingen tuan rumah dari Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja tampil menjadi Juara Umum Sanpio Cup 2023.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Dekan Dekanat II dan Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja, Romo Yohanes Kristianto pada Minggu (25/6/2023).

Romo Kristianto berpesan agar anak-anak terus bersemangat untuk membangun persaudaraan, menjadi saksi dan berkat bagi sesama dan seluruh ciptaan. (*)

Kontributor: Romo Titus Jatra Kelana, Palembang

Imam Diosesan Keuskupan Agung Palembang, saat ini berkarya di Seminari Menengah St. Paulus Palembang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.