Gema BKSN 2023 Bagi Umat Katolik di Perkebunan Kelapa Sawit Paroki Sampit, Keuskupan Palangkaraya

Orang tua siap menemani anak-anak karena waktu disesuaikan dengan waktu kerja mereka dilahan.

0 231

Katolikana.com—Setiap kali memasuki bulan September, gema Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) membangkitkan semangat baru dalam lingkaran kehidupan gereja dan umat Katolik di Indonesia.

Gema BKSN itu muncul di kalangan umat, baik di tingkat komunitas basis, stasi, paroki maupun keuskupan sebagai suatu bentuk tanggapan untuk membangun rasa solid umat dalam berbagai kegiatan gerejani.

BKSN 2023 mengangkat tema “Allah Sumber Kasih dan Keselamatan” sesuai dengan perkembangan dan situasi terkini dalam gereja Katolik.

Tema ini terkait dengan inti pewartaan kedua dari Nabi Yunus yang mewartakan Allah, Sang Pencipta, sebagai sumber kebenaran yang penuh Rahmat dan kerahiman, yang meminta pertobatan bagi pendosa, menganugerahkan pengampunan, dan melepaskan hukuman.

Gema BKSN di Sampit

BKSN 2023 juga menggema di stasi Santo Agustinus PT. Mustika Sembuluh 1, Paroki Santo Joan Don Bosco Sampit, Keuskupan Palangkaraya.

Pengurus stasi menggelar pertemuan sederhana yang dihadiri oleh ketua stasi Santo Agustinus Gregorius Dona, wakil ketua Nardianus Virgo, bendahara stasi Yosep Yetri, guru agama Katolik SMP Yayasan Wilmar Bina Bangsa Maria, guru agama Katolik SD Yayasan Wilmar Bina Bangsa Maximus Lutgardus dan ketua Orang Muda Katolik Agnesia Ludviana Merry.

Pertemuan tersebut membahas jenis kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional 2023, yang meliputi:

  1. Pendalaman iman untuk kelas anak-anak dan dewasa.
  2. Lomba mewarnai sketsa gambar yaitu siswa SD kelas 1, 2, 3 dan 4 dengan tingkat kerumitan sketsa yang berbeda.
  3. Lomba membaca kitab suci yaitu siswa SD kelas 5 dan 6.
  4. Lomba Mazmur yaitu siswa-siswi SMP, SMA dan OMK. Kelima yaitu lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa SD kelas 5 dan 6, SMP, SMA dan OMK.

Untuk memperlancar berbagai kegiatan, dibentuk panitia kecil yang diketuai oleh Agustinus Purnama, sekretaris Maria Sandi Luju, koordinator SD Maximus Lutgardus, koordinator SMP Maria, koordinator SMA Agustina dan koordinator OMK Agnesia Ludviana Merry.

Agar tidak terjadi dikotomi kelas atau usia, panitia membagi peserta dalam kelompok yang terdiri dari siswa SD, SMP SMA dan OMK.

Jumlah kelompok yang dibentuk berdasarkan jumlah peserta adalah lima kelompok:

  1. Kelompok Laskar Kristus
  2. Kelompok Kucinta Yesus
  3. Kelompok KMG
  4. Kelompok Santa Maria
  5. Kelompok Lingkaran Yesus

Setiap kelompok memiliki satu lagu yang dapat membangktikan semangat dan kekompakan. Setiap peserta memiliki semangat yang baik dalam kegiatan BKSN 2023 karena jumlah kehadiran dan partisipasi pada kelompok masing-masing dapat menunjukan sikap tanggungjawab, kerjasama dan semangat yang berapi-api.

Ini sebagai tanda bahwa generasi muda Katolik memiliki sikap tanggungjawab yang baik terhadap perkembangan iman dan harapan gereja.

Dukungan Orang Tua
Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari orang tua siswa, di mana mereka setia menghantar dan menunggu anak-anak sampai kegiatan selesai dan menyaksikan secara penuh berbagai rangkaian kegiatan.

Wajah ceria dan senyum orang tua menyaksikan anak-anak mereka mampu membuat sesuatu yang baik dengan sikap militan sebagai umat Allah yang setia mewartakan kabar gembira kepada sesama.

Kami bertanya kepada beberapa perwakilan orang tua siswa, apakah siap mendukung anak-anak dari awal sampai akhir? Bagaimana pendapatnya terhadap kegiatan yang melibatkan seluruh siswa?

Sebagai orang tua, mereka selalu siap untuk menemani anak-anak karena waktu pelaksanaan kegiatan juga dapat disesuaikan dengan waktu kerja mereka dilahan.

Seluruh siswa sangat antusias dan mendukung kegiatan ini karena dengan kegiatan seperti ini, anak-anak dibimbing dan dilatih untuk bisa meningkatkan kemampuan, menata mental dan sikap yang lebih baik.

Di akhir kegiatan BKSN 2023, semua peserta SD, SMP, SMA dan OMK akan mengikuti live quiziz secara online.
Tujuannya untuk mengevaluasi kesiapan secara pribadi dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, sehingga menjadi catatan penting untuk dapat melaksanakan kegiatan BKSN tahun depan.

Soal yang diambil dari materi yang telah diberikan selama kegiatan pendalaman iman, lomba bacaan kitab suci dan materi lomba cerdas cermat. (*)

Kontributor: Nardianus Virgo

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.