5 Fakta Menarik Mengenai Katedral Notre Dame

0 652

Katolikana.com–Katedral Notre Dame merupakan bangunan penting dalam sejarah Perancis yang didirikan abad 12 dan 14. Bangunan ini menggambarkan peran penting Paris yang merupakan pusat dari ekonomi dan spiritual.

Bangunan yang terletak di Sungai Saine, Ile de la Cite ini, setiap tahunnya ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sayangnya, pada 15 April 2019 lalu, Katedral Notre Dame ini mengalami kebakaran besar yang menyelimuti puncak menara dan mengakibatkan kehancuran pada atap bangunan tersebut.

Dilansir dari Mentalfloss.com berikut fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui mengenai Katedral Notre Dame:

1. Kota Pagan Terletak di Bawah Katedral

Kota di mana bangunan ini terletak dulunya merupakan kota Romawi yang dikenal dengan Lutetia.

Katedral ini dibangun tepat berada di atas sisa-sisa kuil. Selama penggalian ditemukan potongan-potongan altar dengan pahatan yang didedikasikan untuk Yupiter dan dewa-dewa sekitar tahun 1710.

Selain itu, ditemukan reruntuhan arsitektur pada tahun 1960-1970an dan banyak berasal dari era kuno. Penemuan ini terletak di ruang bawah tanah yang terletak di bawah alun-alun di depan Katedral Notre Dame.

2. Terdapat “Hutan” pada Atapnya

“Hutan” kayu oak yang menjadi kerangka atap Katedral Notre Dame. Foto: Nationalpost.com

Katedral ini berasal dari kayu-kayu tertua yang masih ada di Paris dan membutuhkan sekitar 52 hektar pohon yang ditebang pada abad ke-12. Setiap balok dari bangunan ini terbuat dari satu pohon. Karena itu, kisi-kisi kayu bersejarah ini dijuluki sebagai ‘hutan’.

3. Dua Menara pada Notre Dame Tidaklah Kembar

Menara Notre Dame. Foto: Mentalfloss.com

Jika dilihat sekilas, dua menara dari Notre Dame terlihat serupa. Namun, jika diperhatikan lebih dekat, menara sebelah utara terlihat lebih besar dibandingkan sebelah selatan. Katedral ini dibangun dari waktu ke waktu dan mencerminkan desain arsitektur yang dikerjakan oleh banyak orang.

4.Terdapat Organ yang Terbesar di Perancis

Organ terbesar di Katedral Notre Dame. Foto: Jakarta Post

Organ yang dimiliki Katedral Notre Dame terdiri dari hampir 8000 pipa dan dimainkan dengan lima keyboard yang menjadikannya sebagai organ terbesar di Perancis.

Meskipun terdapat beberapa irisan pada kayu organ akibat Revolusi Perancis, ketika simbol-simbol dari fleur-de-lis-nya dicungkil, pada tahun 2013 diperbaiki sebagai tanda peringatan 850 tahun Katedral.

5. Patung Raja-Raja di Alkitab Dipenggal Kepalanya

Pada tahun 1973, saat Revolusi Perancis, 28 patung raja-raja Alkitab di Katedral dijatuhkan ke bawah oleh massa dengan tali, kemudian dipenggal kepalanya.

Sebagai informasi, pada awal tahun itu, Raja Louis XVI dipenggal dan ikon apa pun terkait dengan monarki diserang. Patung-patung tersebut dibuang ke tumpukan sampah. Kemudian, Mentri Dalam Negeri memerintahkan untuk menggunakan kembali material tersebut utuk konstruksi.

Tahun 1977, 21 patung kepala raja ini ditemukan kembali saat bekerja di ruang bawah tanah French Bank of Foreign Trade. Setelah ditemukan, patung-patung itu disimpan di Musée de Cluny.

Kontributor: Widya Silaban, Vinka Kristy, Yohanes Farih, Andreas Bagas (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.