Lima Lokasi Wisata Rohani di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Salah Satunya Patung Tuhan Yesus Memberkati Setinggi 45 Meter

0 679

Katolikana.com—Wisata rohani menjadi salah satu pilihan populer untuk menghabiskan liburan sembari mendekatkan diri dengan pencipta.

Tana Toraja dikenal dengan adat istiadat yang unik dan memiliki keindahan alam. Selain itu, Tana Toraja menawarkan sejumlah destinasi wisata rohani yang layak dikunjungi.

1. Kawasan Religi Buntu Burake

Patung Yesus Memberkati. Foto: Instagram/toraya_maballo

Jika Anda belum berkesempatan melihat  patung Christ the Reedemer di Rio de Janeiro, Brazil, tak perlu kecewa. Kawasan religi Buntu Burake, sekitar 4 km dari pusat kota Makale, Tana Toraja, terdapat patung Tuhan Yesus Memberkati.

Patung dengan total tinggi 45 meter ini dibuat dari perunggu yang dikerjakan oleh pematung asal Yogyakarta Hardo Wardoyo Suwarto. Di kawasan ini juga terdapat jembatan kaca yang menjadi daya tarik wisatawan.

2.Sa’Pak Bayobayo

Sa’pak Bayo-bayo Foto: Facebook/Wisata Rohani Sa’pak Bayo-bayo

Objek wisata sekaligus pusat ziarah ini berada di Lembang Lampio, Kec. Sangalla’ Utara, Tana Toraja. Dikenal dengan nama Pusat Ziarah Keluarga Kudus Nazaret, tempat wisata religi ini menampilkan patung keluarga kudus dalam perspektif masyarakat Toraja. Pusat Ziarah ini didirikan oleh Persekutuan Umat Katolik Toraja (PUKAT).

Anda bisa melakukan jalan salib sembari melihat pemandangan alam yang indah. Terdapat pepohonan rindang, bebatuan alam yang menghiasi setiap sudut objek wisata ini serta sungai kecil dan hamparan sawah yang menyegarkan mata.

Salah satu hal unik di tempat wisata ini adalah gua-gua tempat pemakaman di masa lalu. Anda akan menjumpai tulang belulang serta tengkorak di beberapa goa.

3.Gua Maria Pango-Pango

Gua Maria Pango-pango. Foto: Melissa Bonauli/detik Travel

Gua Maria satu ini masih terbilang baru di Tana Toraja. Jika Anda punya kesempatan mengunjungi agrowisata Pango-pango, tidak ada salahnya mengunjugi Gua Maria Pango-Pango. Gua Maria ini terletak di jalur yang sama menuju ke agrowisata Pango-pango.

Pemandangan di tempat ini menarik karena berada di atas tebing sehingga kita dapat melihat keindahan Kota Makale. Terdapat pula tangga yang dibangun dari bebatuan dan dapat menjadi tempat untuk berswafoto.

4.Gua Maria Ratu Alam Semesta

Gua Maria Ratu Alam Semesta Buntu Burake. Foto: YouTube/Komsos KAMS

Tak jauh dari patung Tuhan Yesus Memberkati terdapat Gua Maria Ratu Alam Semesta. Gua Maria Buntu Burake dikelola oleh Gereja Katolik Stasi Yohanes Maria Vianney Burake Tallu Lolona, Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale. Akses jalan menuju ke Gua Maria sudah diperbaiki sehingga peziarah dapat dengan mudah sampai ke lokasi.

Para peziarah akan menemui tulang belulang yang masih dipertahankan di sekitar area Gua Maria. Tempat yang mulai ramai dikunjungi peziarah pada 2015 ini memberikan pemandangan Tana Toraja yang indah. Anda dapat berdoa dengan suasana yang tenang dan sejuk di tempat ini.

5.Sanctuarium Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale

Sanctuarium Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria. Foto: Facebook/Robertus Pendy

Sanctuarium ini berada di area Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale. Meski berada di jantung kota Makale, Anda dapat berdoa dan berdevosi kepada Bunda Maria dengan khusyuk di tempat ini.

Sanctuarium Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria memiliki arsitektur unik dengan dua tangga di setiap sudutnya. Di sekitar sanctuarium terdapat banyak pepohonan yang menambah suasana teduh ketika berdoa.

Itulah lima tempat wisata rohani di Tana Toraja. Tempat-tempat ini dapat menjadi alternatif tujuan Anda yang ingin merasakan suasana baru dan sekaligus ingin mendekatkan diri terhadap sang pencipta.

Kontributor: Romy Boy Rante Allo, Anggota Katolikana Muda

 

 

 

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.