Urban Forest, Tempat Rekreasi Bernuansa Alam di Kota Tasikmalaya

Dengan slogan side by side with nature, pengunjung dapat merasakan nuansa alam yang kuat.

0 1,690

Katolikana.com—Urban Forest Coffee & Nature merupakan tempat rekreasi sekaligus cafe di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang dibuka pada 5 Oktober 2021.

Urban Forest memiliki konsep unik. Tempat ini terletak di pusat kota dan menawarkan pengalaman rekreasi yang mengangkat konsep nature.

Urban Forest Coffee & Nature terletak di Jalan Cibaregbeg No. 21, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari pusat kota Tasikmalaya, lokasi ini bisa dijangkau dalam waktu 10 menit.

Nandang Sugilar. Foto: Barnesy Bakker

Tempat ini sangat asri dan dihiasi oleh banyak pepohonan rindang. Terdapat danau buatan yang menjadikan suasana cafe menjadi lebih nyaman seperti di alam.

Urban Forest memiliki tempat yang cukup luas. Tersedia lahan parkir untuk kendaraan roda dua dan empat.

“Dari segi tempat, beberapa tahun ke belakang belum ada program seperti ini. Karena ada usul dari penyelenggara, maka diangkatlah cafe dengan konsep seperti ini,” ujar Nandang Sugilar, pengurus Urban Forest Coffee & Nature, Jumat  (15/10/2021).

Awal Oktober 2021, Urban Forest Coffee & Nature melakukan soft opening. Operasional dibuka dari pukul 13.00-22.00 WIB.

Meski baru soft opening, Urban Forest sudah sangat ramai didatangi pengunjung, terutama warga kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Biasanya weekend itu ramai antara Sabtu atau Minggu. Sekarang setelah sholat Jumat juga ramai. Apalagi hari Minggu, tempat-tempat tidak lagi memadai,” ujar Nandang.

Pengunjung yang datang beragam, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tak sedikit ibu-ibu datang bergerombol menikmati suasana alam.

“Saya lihat dari Instagram dan penasaran datang ke sini. Vibes-nya menarik seperti hutan-hutan tapi di tengah kota,” ujar Sanrialna Ritandera, seorang  pengunjung.

Harga Murah dan Terjangkau

Cafe ini menjual makanan dan minuman beragam. Jenis makanan dan minuman yang dijual terbilang unik dan mengikuti selera anak muda. Harga yang ditawarkan mulai 13.000 hingga 20.000 rupiah.

Salah satu makanan favorit pengunjung adalah cireng saus rendang. Dengan harga Rp 13.000, pengunjung bisa mendapatkan cireng saus rendang dengan porsi banyak. Menu andalan cafe ini adalah es kopi urban dan tahu cabe garam.

Tantangan di Masa Pandemi

Karena pengunjung yang datang cukup banyak, selama pandemi Urban Forest Coffee & Nature tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Pembatasan orang pasti diutamakan seperti pakai masker dan hand sanitizer,” ujar Nandang.

Beberapa waktu lalu, tempat ini rencananya akan menjadi tempat reuni besar-besaran. Namun, acara tersebut tidak jadi dilaksanakan.

“Dari Kapolres, pihak kepolisian setempat, tidak mengizinkan acara tersebut berlangsung,” tambah Nandang Sugilar.

Nyaman dan Alami

Dengan slogan side by side with nature, pengunjung dapat merasakan nuansa alam yang kuat.

“Memang benar-benar alam banget. Kaget di Tasikmalaya ada yang seperti ini,” ujar Theresia, seorang pengunjung.

“Tempatnya teduh dan minumannya enak, cuma memang sedikit ramai,” kata Sanrialna Ritandera.

Urban Forest cocok untuk didatangi bersama keluarga, teman, dan pasangan. Suasana yang nyaman dan tenang ini jarang ditemukan di pusat kota Tasikmalaya.

Kontributor : Alexander Daiva, Blanka Rahel Maretha, Barnesy Bakker, Joshephine Maretta, Petra Carmelita (Universitas  Atma Jaya Yogyakarta)

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.