Komunitas BersamaMama.id Gandeng Para Mama Tambah Ilmu Terkait Pengasuhan Anak dan Rumah Tangga

Komunitas BersamaMama.id bertujuan saling berbagi kebaikan, bertukar pengalaman, berbagi ilmu terkait dengan parenting dan bisnis.

0 94

Katolikana.comKeterlambatan tumbuh kembang anak bisa disebabkan karena pengasuhan orang tua yang kurang maksimal.

Hal ini terjadi karena rendahnya pengetahuan, keahlian, dan keterampilan dalam mengasuh anak-anak yang disebabkan oleh kurangnya persiapan calon orang tua, misalnya karena menikah muda.

Pasangan suami istri perlu memiliki wawasan terkait parenting. Wawasan parenting dapat diperoleh melalui komunitas parenting, salah satunya Komunitas BersamaMama.id.

Komunitas BersamaMama.id bertujuan saling berbagi kebaikan, bertukar pengalaman, berbagi ilmu terkait dengan parenting dan bisnis.

Komunitas ini didirikan sejak Juni 2020 oleh sembilan orang mama, yakni; Maharani, Reyna, Ivana, Chintya, Cherly, Renny, Mariya, Egi, dan Nindya.

Meski kini tersisa dua founder saja, namun tidak membuat kualitas komunitas menurun.

Komunitas ini makin berkembang kurang lebih 100 member grup WhatsApp.

Wadah Para Mama

Komunitas BersamaMama.id bertujuan menggandeng para mama dalam segala aktivitas berkaitan dengan rumah tangga, pengasuhan anak, hingga bisnis, serta memfasilitasi perannya menjadi orang tua.

Misi Komunitas BersamaMama.id yaitu: (1) Membagikan informasi terkait pengasuhan anak dan rumah tangga untuk menambah ilmu dan wawasan para mama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. (2) Memberikan fasilitas proses penambahan ilmu lewat kelas-kelas offline  dan online dalam lingkup pengembangan kualitas keluarga.

“Komunitas BersamaMama.id ingin banyak interaksi dengan orang lain, walaupun tidak bertemu secara langsung. Jadi bisa paham dengan karakter orang-orang,” ujar  Mariya.

Selain ingin berinteraksi dengan orang lain dan paham berbagai karakter dari para member yang bergabung dalam komunitas tersebut, ia ingin saling berbagi pengalaman maupun saling mendukung dengan member lainnya.

“Harapanku Komunitas BersamaMama.id dapat terus maju dan berkembnag untuk menjadi wadah para member-nya,” tambahnya.

Menurut Chintya, Komunitas BersamaMama.id merupakan sebuah komunitas yang menjadi wadah untuk saling sharing.

“Menjadikan wadah untuk ibu-ibu biar bisa saling sharing, apalagi buat mengeluarkan berbagai masalah, lumayan bisa cerita-cerita,” ujar Chintya.

Dalam suatu komunitas, juga dibutuhkan saling memperhatikan maupun memperdulikan satu sama lain.

“Yang paling penting dalam Komunitas BersamaMama.id yaitu silaturahmi,” tambahnya.

Keunikan

Komunitas BersamaMama.id merupakan komunitas yang berinteraksi secara online melalui room chat di aplikasi Orami Parenting, WhatsApp Group, dan Instagram.

Setiap hari, Komunitas BersamaMama.id memberikan berbagai topik pembahasan untuk menambahkan ilmu dan wawasan para mama.

  • MEMAHAT (Menu Masak Sehat) membahas seputar masakan dan menyajikan berbagai resep dan tips dapur sehat. Di sini anggota dapat berbagai menu masakan yang dapat menambah nafsu makan anak-anaknya. Program seputar memasak ini dilakukan pada hari Senin.
  • Rainbow Kids merupakan program seputar anak yang diselenggarakan pada hari Selasa. Biasanya para member saling sharing terkait dengan keluh kesah pertumbuhan anak-anaknya.
  • IKAN SEGAR (Informasi Kecantikan, Kesehatan, Life Style) membahas semua bidang kewanitaan setiap hari Rabu.
  • DASTER TALK merupakan program yang membahas terkait dengan seputar keluarga dan rumah tangga yang dilakukan pada hari Kamis.
  • PROFESHI (Profit, Office, dan Shopping) merupakan program yang membahas seputar dunia pekerjaan, working mom, promosi lapak usaha, dan lowongan pekerjaan. Program ini hanya boleh dilakukan pada hari Jumat saja.
  • Mak Nyes merupakan program giveaway untuk mama, contohnya seperti perabotan rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Program ini dapat menjadi wadah promosi bagi para member yang menjadi pebisnis.

Event Bersama

Tak hanya program harian, komunitas ini memiliki berbagai kegiatan bersama. Sharing with love merupakan acara Komunitas BersamaMama.id yang diselenggarakan melalui akun Instagram BersamaMama.id.

Komunitas BersamaMama.id mengadakan webinar atau seminar online melalui media Zoom yang diberi nama NgeZoom Bareng.

Kedua event diselenggarankan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Program harian di grup WhatsApp dilakukan setiap hari. Diskusi bisa dilakukan kapan pun tanpa batasan waktu.

Misalnya, membahas kasus anak rewel atau sedang sakit. Harapannya, member yang bergabung serasa memiliki teman yang dapat bisa menjawab keluh kesahnya terkait parenting dengan berbagai pengalaman dari member lain.**

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.