Bersama Lebih Baik, Bulan Syukur 86 Tahun Paroki Mlati Sleman Yogyakarta

Umat diajak untuk bersekutu (communio), terlibat aktif dan berpartisipasi (participacio), dan menjadi berkat bagi sesama (missio).

0 28

Katolikana.com—Paroki Santo Aloysius Gonzaga Mlati, Sleman, Yogyakarta merayakan hari ulang tahun ke-86 di bulan Juli 2022.

Menggandeng Orang Muda Katolik (OMK), beragam rangkaian acara disiapkan guna memeriahkan bulan penuh syukur dengan tema “Bersama Lebih Baik: Membangun Partisipasi dan Paguyuban”.

Perayaan HUT kali ini menjadi momentum kebangkitan kembali peran orang muda di Paroki Mlati. Antusiasme orang muda untuk menggiatkan acara dan menarik perhatian umat, dinilai cukup berhasil.

Rangkaian bulan syukur dibuka dengan misa syukur pada Minggu (19/6/2022), dilanjutkan dengan pasar rakyat yang menghadirkan beragam jajanan dari tujuh wilayah di Paroki Mlati, sukses meraih perhatian umat.

Pastor Tata Priyana saat menyaksikan lomba memasak. Foto: Istimewa

Lebih dari 600 umat hadir dalam Perayaan Ekaristi. Bisa dibilang ini adalah jumlah umat terbanyak setelah pembukaan misa secara umum, tanpa ada pembatasan seperti saat PPKM.

Pastor Lorensius Tata Priyana Pr menyampaikan bahwa dalam mewujudkan tema dan harapan sinode para uskup seperti yang dibuka oleh Bapa Suci dan Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, peran serta umat sangatlah diperlukan.

Umat diajak untuk bersekutu (communio), terlibat aktif dan berpartisipasi (participacio), dan menjadi berkat bagi sesama (missio).

Bulan Syukur

Lingkaran bulan syukur dilanjutkan dengan lomba Mazmur (Minggu, 10/7/2022), diikuti oleh lebih dari 20 peserta kategori usia Sekolah Dasar hingga usia Perguruan Tinggi.

Pekan berikutnya (Minggu, 17/7/2022), rangkaian acara terlihat makin menarik dan semarak. Pertandingan bulu tangkis, tenis meja, games PlayStation, lomba anak (puisi, tutur cerita, dan bermain musik), serta lomba memasak diikuti oleh peserta dan penonton dari hampir seluruh lingkungan di Paroki Mlati.

Seminar untuk OMK menjadi jeda di sela keriuhan acara di rangkaian bulan syukur. Seminar bertajuk “Kaum Muda Algon yang Dewasa dan Semakin Bertanggungjawab” mendapat atensi positif dari 80-an orang muda yang hadir.

Acara pamungkas adalah senam dan jalan sehat pada Sabtu pagi (30/7/2022). Antusiasme umat tampak dari 300 umat yang hadir. Bukan untuk mengejar doorprize dengan total lima juta rupiah, namun demi kebersamaan yang menjadi semangat dalam acara tersebut.

Pastor Tata menyampaikan pesan agar umat dapat lebih terlibat dan menjadi berkat yang disambut dengan tepuk tangan umat dan peserta jalan sehat.**

Kontributor: Agustinus Hario Prabowo, Yogyakarta

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.