AKUB Grha Arta Khatulistiwa Resmi Bergabung dengan Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo (USA)

Penggabungan AKUB Grha Arta Khatulistiwa demi pendidikan yang berkualitas.

0 99

Katolikana.com–Kabar gembira datang dari Keuskupan Agung Pontianak. Yayasan Landak Bersatu yang menaungi Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo (USA), Landak merilis keterangan pers bahwa Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUB) Grha Arta Khatulistiwa, Pontianak, yang selama ini bernaung di bawah Yayasan Pelita Kasih, kini secara resmi telah menggabungkan diri dengan Yayasan Landak Bersatu.

Peresmian alih kelola akademi tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen penyerahan penggabungan oleh Ketua Yayasan Pelita Kasih beserta jajarannya di Aula Lantai 1 Fakultas Kesehatan, Kampus 2, USA, Rabu (3/8/2022).

Selanjutnya, dokumen tersebut akan ditindaklanjuti ke Ditjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Secara praktis untuk tahun akademik 2022/2023, kampus AKUB Grha Arta Khatulistiwa akan dipindahkan dari Jalan K.H. Ahmad Dahlan ke Jalan Hasanudin, yakni satu gedung dengan Fakultas Kesehatan USA. Di momen bersamaan, Yayasan Landak Bersatu juga mengumumkan rencana mereka untuk membuka Fakultas Ekonomi dan Bisnis di USA.

Rilis keterangan pers ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Landak Bersatu Pastor Dr. Johanes Robini Marianto, S.Fil., M.A, OP dan perwakilan dari Yayasan Pelita Kasih, Angelina Carolin, SE, MM. Selain itu, hadir pula Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus dan perwakilan dari Komisi X DPR RI Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si, serta seluruh tenaga pengajar di AKUB Grha Arta Khatulistiwa.

USA yang berlindung di bawah naungan Yayasan Landak Bersatu merupakan sebuah perguruan tinggi yang baru saja berdiri dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 489/E/O/2022 tanggal 13 Juli 2022 lalu. Universitas Katolik pertama di tanah Kalimantan ini terlahir dari penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pamane Talino, Landak, Akademi Keperawatan Dharma Insan, Pontianak, dan Akademi Kebidanan St. Benedicta, Pontianak.

Suasana rilis keterangan pers penggabungan AKUB Grha Arta Khatulistiwa dengan Yayasan Landak Bersatu.
Foto: KOMSOS Keuskupan Agung Pontianak.

Tujuan Alih Kelola demi Pendidikan Berkualitas

Yayasan Pelita Kasih juga menekankan mereka tidak memperjualbelikan AKUB Grha Arta Khatulistiwa. Proses alih kelola ini dilakukan setelah adanya diskusi panjang lebar antara Yayasan Pelita Kasih dan Yayasan Landak Bersatu.

Hasil dari diskusi mendalam tersebut, Yayasan Pelita Kasih dan Yayasan Landak Bersatu memiliki persepsi yang sama mengenai pentingnya memajukan perguruan tinggi secara profesional dan menyediakan pendidikan berkualitas bagi kaum muda di Kalimantan Barat.

Kesamaan visi tersebut membuat Yayasan Pelita Kasih dengan sukarela dan sukacita menyerahkan pengelolaan Lembaga AKUB Grha Arta Khatulistiwa kepada Yayasan Landak Bersatu.

“Hal ini ke depan akan memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang baik dari tata kelola manajemen dan akademis kepada masyarakat dan untuk Kalimantan Barat,” sebut Pastor Robini.

Sebagai Ketua Yayasan Landak Bersatu, Pastor Robini  juga menyampaikan misi dari pendirian USA yang seperti yang dicita-citakan oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, yaitu untuk menjadikan USA sebagai sarana membangun sumber daya manusia Kalimantan Barat dan dapat menghimpun sampai ke pelosok-pelosok. Serta tidak bersifat eksklusif hanya untuk anggota gereja Katolik saja.

“Pendirian USA untuk memberikan pendidikan yang seluas-luasnya bagi kaum muda Kalimantan Barat, bahkan lebih jauh dari Kalimantan Barat. Supaya bisa memberikan pendidikan yang bermutu, berkualitas tapi terjangkau, dan dimulai dari pinggiran,” ujar Pastor Robini.

Kontributor: Samuel, Anggota Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak.

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.