Indomaret Yudonegaran, Toko Waralaba Unik Bernuansa Kraton Yogyakarta

Sempat viral di media sosial Tiktok.

0 41

Katolikana.com—Yogyakarta tak pernah gagal menarik perhatian orang karena keistimewaannya. Tak heran jika banyak orang ingin berkunjung ke Jogja untuk menikmati setiap sudut kota ini.

Bukan hanya tempat wisata atau kuliner saja yang menggugah rasa penasaran. Bangunan toko waralaba Indomaret di dekat Alun-Alun Utara ini mencuri perhatian karena memiliki desain unik bernuansa Kraton.

Indomaret Yudonegaran berlokasi di Jalan Ibu Ruswo No. 33-47, Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Sebagai patokan, bangunan ini berada dekat dengan Kraton Yogyakarta.

Bagian dalam Indomaret Yudonegaran. Foto: Istimewa

Nuansa Kraton

Indomaret Yudonegaran berdiri sejak 2019. Toko waralaba ini memanfaatkan bangunan lama yang berciri khas Kraton, yakni warna hijau dan putih yang dapat dilihat mulai dari sisi depan.

Saat memasuki bangunan, pengunjung disambut dengan bentuk pintu masuk yang terbuat dari kayu layaknya pintu rumah zaman dahulu. Selain itu, lantai yang digunakan berwarna hijau.

Ketika berada di dalam bangunan, pengunjung dapat merasakan suasana berbeda dengan layaknya Indomaret biasa.

Indomaret Yudonegaran memiliki tiga ruangan bersekat pintu kayu. Ruangan-ruangan tersebut menjadi pemisah bagian barang-barang kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pokok, makanan/minuman, dan alat tulis.

Meski demikian, pengunjung tidak akan bingung ketika mencari barang yang dibutuhkan karena karena terdapat keterangan di setiap pintu masuk ruangan.

Bagian luar Indomaret Yudonegaran. Foto: Twitter.com/kenzler_

Sempat Viral

Bangunan Indomaret Yudonegaran sempat viral di sosial media ketika salah satu warganet mengunggah video melalui aplikasi Tiktok.

Pemilik akun Tiktok dengan username @iniiisansan mengunggah sebuah video tentang suasana Indomaret Yudonegaran, Kamis (14/07/2022).

Dalam video tersebut, pemilik akun memperlihatkan bangunan bagian luar dan dalam Indomaret Yudonegaran yang bernuansa Keraton.

@efryee Baru kali ini nyaman masuk INDOMARET 💞 Kalian udah pernah coba Ke sini? @albatross_ex #jogja #fyp #fypシ #xzybca #trending #racunjogja #viral ♬ Canon in D Keroncong Version – Keroncongin 🎶

Video ini mendapat perhatian warganet yang tertarik dengan lokasi serta bentuk bangunan yang berbeda dengan Indomaret lainnya.

Salah satu warganet menjelaskan dari informasi yang diterima, Indomaret tersebut merupakan bangunan yang masih ada dalam lingkup kraton. Karena itu bangunan tidak dapat diubah sedikit pun.

Franchise nih, yang punya gamau ngerubah bangunan selayaknya Indomaret pada umumnya, tapi tetep mempertahankan bangunan lama, ih keren sih,” tulis akun @ynnd_.

Akun @Siapa membalas dengan pertanyaan “Bangunan Cagar budaya kah?”.

“Kalau liat dari kode tokonya pemilik toko itu punya kerja sama dengan pihak Indomaret. Tapi lain dari yang lain karena tidak mengubah bangunan selayaknya Indomaret pada umumnya, kerennya di situ, gitu aja si,” timbal pemilik akun @ynnd.

“Ini yang punya franchise pihak kraton Yogyakarta, Pangeran Yudonegaran kalau ga salah. Bangunan milik kraton jadi ga boleh diubah bentuknya,” tambah pemilik akun @akuyaaku.

Salah satu warganet berkomentar “Serasa pulang ke rumah nenek,” komentar pemilik akun @Somoene.

Kontributor: Melyana Argaditha, Eoudia Gracea Nandung, Tasya Ekalina Br Kemit, Gideon Felix

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.