Letkol Jenny Sitorus: Saat Ini Terjadi Degradasi Semangat Nasionalisme pada Diri Anak Generasi Z dan Generasi Milenial

Sekolah Katolik Siapkan Generasi Muda Cerdas, Humanis, dan Nasionalis

0 112

Katolikana.com—Koordinasi sekolah-sekolah Katolik SMP di Kota Palembang menyelenggarakan seminar parenting, pameran seni karya peserta didik, dan pentas pagelaran kreasi di gedung Xaverius Centrum Studiorum, Jalan Bangau 60 Palembang, Jumat-Sabtu (19-20/5/2023).

Kegiatan seminar ini dibuka oleh Romo Stefanus Supardi Ketua Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Keuskupan Agung Palembang, dan dihadiri 1.300 orang terdiri dari guru, siswa, dan orang tua siswa.

Menurut Ketua Koordinasi Sekolah-Sekolah Katolik SMP Leo Hidayat, seminar parenting untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023 ini bertema: “Mendidik dan Mendampingi Anak di Era Digital Dengan Keteladanan dan Cinta Untuk Menyiapkan Generasi Muda Yang Cerdas, Humanis, dan Nasionalis”.

Suasana pentas seni SMP Katolik di Palembang. Foto: Istimewa

Penurunan Semangat Nasionalisme

Narasumber seminar Letkol Jenny Sitorus, yang juga orang tua siswa di SMP Xaverius 6 Palembang mengatakan, saat ini terjadi degradasi atau penurunan semangat nasionalisme pada diri anak-anak generasi Z maupun generasi milenial.

Contoh,  saat pengibaran bendera merah putih naik tetapi masih banyak orang yang tidak berhenti. Jenny berharap generasi milenial memiliki semangat jiwa membela negara.

Menurut Jenny, pemberdayaan yang baik akan sumber daya alam akan menjadi kekayaan negara apalagi adanya kekayaaan suku,  agama, ras dan golongan.

“Pondasi utama semangat membela negara justru ada di keluarga bukan di sekolah,” ujar Jenny Sitorus.

Suasana seminar parenting untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023. Foto: Istimewa

Mendampingi dengan Hati

Dwi Cahyani M.Psi Psikolog mengungkapkan bagaimana pendampingan anak-anak melalui komponen komunikasi seperti melalui gestur dan postur, tempo, intonasi, timing, ekspresi wajah, dan pilihan kata.

“Anak-anak perlu pendampingan orang tua agar dapat meraih mimpinya. Mimpi tersebut dapat diraih melalui doa yang tekun, mimpi yang hebat, fokus pada target, disiplin, optimis, pantang menyerah, tindakan nyata, dan melakukan dengan HATI,” ujar Dwi Cahyani.

Sr Ludovika Syamsudin bersama Fr M Faustianus Banusu BHK Kepala Sekolah SMP Xaverius berharap semoga semangat kebangkitan 20 Mei terus bergelora demi mencapai masyarakat Indonesia adil dan makmur.

Generasi muda lebih bersatu guna mempertahankan dari ancaman sumber daya alam, ancaman ideologi, ancaman politik tahun 2024 dan ancaman sosial budaya.

Lebih lanjut Ludovika mengajak anak-anak ikut gotong royong sehingga bisa mendekatkan satu dengan yang lainnya sehingga tak ada perbedaan.

Andil dalam pelayanan, dengan bergandengan tangan berkolaborai berjalan bersama untuk semangat Indonesia Bangkit.

Koordinasi Sekolah-Sekolah Katolik SMP meliputi SMP Xaverius 1, SMP Xaverius 2, SMP Xaverius 3, dan SMP Xaverius 6. (*)

Pensiunan pendidik di SD Xaverius 2 Palembang, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi di universitas Bina Darma Palembang, dan Sekretaris ISKA Palembang

Leave A Reply

Your email address will not be published.