Uskup KAPal Berkati Gereja St John Paul II Jakabaring Palembang

Harapannya pada acara IYD pada 26-30 Juni 2023, gereja ini dapat dipergunakan dengan layak.

0 164

Katolikana.com—Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr Yohanes Harun Yowono memberkati gereja St John Paul II di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (21/6/2023) pukul 17.00 WIB.

Pemberkatan gereja dilakukan setelah selesai dilakukan renovasi karena kondisi yang tidak layak. Gereja ini terletak di atas timbunan rawa-rawa yang dijadikan arena perhelatan Sea Games 2018. Harapannya, pada acara Indonesia Youth Day (IYD) pada 26-30 Juni 2023, gereja ini dapat dipergunakan dengan layak.

Ketua DPP Maria Ratu Rosario Seberang Ulu Alphonsus Supardi didampingi ketua panitia pembangunan Oloan Simon Aritonang saat dibincangi awak media mengucapkan  terima kasih kepada segenap donator, sponsor, dan umat atas sumbangan untuk merenovasi bangunan gereja.

“Gereja St Joh Paul II di Jakabaring ini kini dapat diberbakati oleh Mgr Yohanes Harun Uskup Agung Palembang. Masih diperlukan banyak dana lagi guna melengkapi ornamen yang beciri khas Katolik,” ungkap Supardi.

Mgr Harun Yuwono memerciki umat dengan air suci. Foto: Daris

Mgr Harun dalam kotbah menyatakan  bahwa kita merayakan kebahagiaan di dalam Tuhan selalu harus menyucikan diri. Maka, kesatuan dengan Kristus dalam kesadaran hidup saleh dilakukan selalu melekat dengan Kristus.

Selanjutnya agar gereja St John Paul II di kompleks rumah ibadah Jakabaring Palembang lebih terdapat suasana yang khas bercirikan Katolik maka diperlukan berbagai ornamen khas Katolik seperti taman doa Maria dan lain-lain.

Pastor Paroki  Maria Ratu Rosario Seberang Ulu Romo Anastasius Yohanes Rettob MSC yang membawahi gereja St Joh Paul II Jakabaring bersyukur atas selesainya renovasi pembangunan ini.

Renovasi dimulai pada awal Januari 2023 dan direncanakan selesai pada Mei 2023. Namun karena keterbatasan dana serta tukang bangunan yang libur puasa dan Idul Fitri maka baru saat ini dapat diberkati.

“Semoga umat Allah dapat mempergunakan tempat ibadah ini, juga wisatawan yang berkunjung ke Palembang baik ke Via Crucis Sukomoro, Katedral Santa Maria, saat singggah di Jakabaring Sport City dapat mempergunakan Gereja St Joh Paul II dengan baik,” ujar Romo Anastasius.

Direncanakan setiap Selasa dan Kamis pulul 19.00 akan ada perayaan Ekaristi di gereja ini.

Pensiunan pendidik di SD Xaverius 2 Palembang, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi di universitas Bina Darma Palembang, dan Sekretaris ISKA Palembang

Leave A Reply

Your email address will not be published.