Paroki St. Padre Pio Medan Helvetia Rayakan Pesta Pelindung

Usung tema "Tebarkan PUKat Padre Pio"

0 159

Katolikana.com—Paroki St. Padre Pio Medan merayakan pesta pelindung pada Sabtu (23/9/2023).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  pesta pelindung kali ini dirangkai meriah melalui dua kegiatan besar, yakni Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) dan Padre Pio Youth Day (PPYD).

Sinergitas  dua kegiatan besar ini diharapkan mampu menyapa umat Parokl St. Padre Pio dalam berbagai aspek dan menjadi kesempatan umat untuk mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan.

RP Hilarius Kemit, OFMCap.

Spirit Utama

Kegiatan BKSN berfokus pada beragam lomba yang melibatkan kelompok-kelompok umat terkait dengan Kitab Suci dan seputar  Liturgi Gereja  seperti  Lomba Mazmur, Lomba Khotbah, Lomba menghias Altar, Cerdas Cemat, Paduan Suara dan lain sebagainya.

Umat dari semua kalangan seperti kaum Bapak, Ibu, Orang Muda Katolik (OMK), Sekami Remaja dan Sekami Anak dilibatkan sebagai peserta.

Setiap stasi saling unjuk kebolehan dan kekompakan dalam perlombaan tersebut. Penilaian diatur sedemikian rupa dengan melibatkan juri-juri eksternal yang cukup kompeten di bidangnya.

Meski kegiatan ini merupakan kompetisi, namun semangat kekeluargaan dan sukacita harus menjadi spirit utama dalam kegiatan ini.

Sementara kegiatan PPYD yang digawangi oleh Orang Muda Katolik (OMK) menyentuh beberapa ranah yaitu ranah iman, ranah budaya,dan ranah masyarakat.

Ranah iman diwujudkan dalam novena St. Padre Pio, Perarakan Salib keliling ke 7 stasi, dan Seminar Hidup St. Padre Pio.

Ranah budaya dihadirkan melalui persembahan penampilan budaya dari OMK 7 Stasi.

Ranah masyarakat diwujudkan melalui kegiatan bazar barang layak pakai, pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah.

PPYD ini dimaksudkan sebagai bentuk nyata kontribusi OMK kepada seluruh umat yang ada di Paroki St. Padre Pio.

Persekutuan Umat Katolik

Dua rangkaian kegiatan BKSN dan PPYD ini berpuncak pada Pesta Pelindung St. Padre Pio yang digelar secara akbar dan terpusat.

Pesta pelindung kali ini mengusung tema “Tebarkan PUKat Padre Pio”. Selain bermakna jaring, Pukat juga merupakan ‘Persekutuan Umat Katolik’ yang sejalan dengan fokus Pastoral KAM 2023: Umat Katolik yang Bersekutu.

Parochus Paroki Medan Helvetia RP. Hilarius Kemit, OFMCap, berharap umat Paroki St. Padre Pio merasakan sukacita kebersamaan melalui rangkaian kegiatan yang dirancang dan bergerak bersama sebagai persekutuan yang membangun satu sama lain.

Rangkaian kegiatan ini dibuat dengan tujuan :

  1. Memperkenalkan dan semakin mendekatkan umat Paroki St. Padre Pio dengan Sabda Allah melalui Kitab Suci.
  2. Membangun rasa kekompakan dan sportivitas umat Paroki St. Padre Pio melalui kompetisi antar stasi.
  3. Menyapa umat dari segala kelompok umur untuk tertibat dalam kegiatan di Paroki St. Padre Pio Medan.
  4. Menghayati kembali teladan hidup St. Padre Pio dalam hidup sehari-hari umat Paroki St. Padre Pio.
  5. Menghayati kembali teladan hidup St. Padre Pio dalam hidup sehari-hari umat Paroki St. Padre Pio.

Kegiatan Pesta Pelindung ini dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana yang ditunjuk dan didampingi oleh Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Padre Pio Medan yang merupakan Tim lintas Seksi yang terdiri dari Seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS), Seksi Karya Kepausan Indonesia (KKI) / Sekami Anak dan Remaja, Seksi Liturgi dan Tim Kepemudaan Paroki St. Padre Pio.

Jadwal kegiatan Lomba untuk BKSN berlangsung pada 20 Agustus 2023 hingga 17 September 2023. Sedangkan, kegiatan PPYD dilaksanakan pada 30 Juli hingga 23 September 2023.

Puncak Perayaan

Puncak perayaan Pesta Pelindung Paroki digelar pada hari Minggu, 24 September 2023 di Pelataran Halaman Biara Emmaus Helvetia yang dihadiri segenap umat dari 7 Stasi sebanyak 5000-6000 orang.

Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Parochus Paroki Medan Helvetia, RP. Hilarius Kemit, OFMCap didampingi Belasan Klerus/Imam.

Usai perayaan Ekaristi dilanjutkan penampilan anak & remaja Sekami dan OMK membawakan tari massal. Seremonial acara perayaan Pesta Pelindung dimulai dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan Pemotongan Tumpeng.

Patung Santo Padre Pio yang menjadi Pelindung Paroki Medan Helvetia ini.

Selanjutnya persembahan Tarian dari Susteran DSA dan SCMM serta tak ketinggalan Hiburan dari Komunitas Biara Emmaus.

Setelah itu Parochus Paroki Medan Helvetia, RP. Hilarius Kemit, OFMCap mengulosi dan mendoakan tamu undangan khusus dari wakil rakyat, di antaranya: Antonius Tumanggor Anggota DPRD Kota Medan, Hendrik Sitompul Anggota DPR-RI dan Mangandar Marpaung Anggota DPRD Deli Serdang.

Lalu dilanjutkan dengan Manortor Parsahaton Sakti Sakti secara massal dari 7 Stasi dan kelompok Kategorial yang ada di Paroki St. Padre Pio.

Berikutnya, pembagian hadiah Perlombaan BKSN dan Pengumuman Pemenang Lomba serta Penyerahan hadiah bagi Juara Umum Pesta Pelindung Paroki.

Tak kalah menarik di acara Pesta Pelindung  Paroki ini adalah pembagian doorprize berupa Payung, Lampu Emergency, Kipas Angin dan Dispenser, Kulkas 1 pintu dan 2 pintu serta TV 33 inch. Proficiat atas Pesta Pelindung Paroki St. Padre Pio dari Pietrelcina Medan Helvetia. (*)

Kontributor Katolikana, tinggal di Paroki St. Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat Medan, Keuskupan Agung Medan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.