Relikui Tengkorak Santo Thomas Aquinas Viral

"Katolik itu begitu metal," ujar user lain.

0 52

Katolikana.com—Relikui bertentuk tengkorak yang diduga milik Santo Thomas Aquinas dibawa dalam prosesi melalui jalan-jalan Priverno, Italia, Kamis (7/3/2024) lalu.

Prosesi tersebut dilakukan untuk memperingati ulang tahun ke-750 kematian santo Thomas Aquinas pada 7 Maret 1274, di Biara Fossanova, tempat relikui tersebut juga ditemukan.

Prosesi itu dipimpin oleh Uskup Mariano Crociata dari Keuskupan Latina-Terracina-Sezze-Priverno

Prosesi perarakan relikwi tengkorak St. Thomas Aquinas di Priverno, Italia, 7 Maret 2024. Foto: Daniel Ibanez/CNA

Santo Thomas Aquinas adalah seorang pujangga Gereja. Selain seorang biarawan Dominikan dan imam, dia adalah seorang pengajar, teolog, dan filsuf terbesar Gereja. Dia juga dikenal sebagai “Doktor Angelik.”

Catholic News Agency melaporkan “relikui berbentuk tengkorak yang berada di Katedral Priverno ini mendapat tempat istimewa sejak ditemukan di altar Biara Fossanova pada tahun 1585. Dokumen notaris menunjukkan bahwa itu adalah tengkorak Doktor Angelik atau Santo Thomas Aquinas.

Disebutkan juga bahwa tengkorak di Priverno adalah salah satu dari dua tengkorak yang saat ini diklaim oleh pejabat Gereja sebagai tengkorak Santo Thomas Aquinas.

Dominikan di Toulouse baru-baru ini memesan sebuah relikwi baru untuk tengkorak Santo Thomas Aquinas, yang telah melakukan tur di Perancis dan luar negeri.

Seperti dilansir Churchpop.com, penulis Katolik dan pengguna Twitter John Herreid melihat sebuah foto dari artikel di Catholic News Agency dan membagikannya dengan pengikutnya.

Herreid menulis: “Ini adalah foto paling keren yang pernah saya lihat selama ini dan saya ingin mencetak foto itu.”

“Seperti sesuatu dari film cyberpunk Katolik, tapi ini nyata,” tambahnya.

Hingga saat ini, foto tersebut telah mendapatkan lebih dari 5.000 suka dan lebih dari 400.000 tayangan.

Beberapa tanggapan disampaikan oleh beberapa orang.

User satu berkata, “Seperti langsung dari film The Young Pope.”

“Katolik itu begitu metal,” ujar user lain.

Seseorang lainnya bercanda, “Saya yakin bahwa ini adalah perjalanan mobil pertama Santo Thomas. Dan dia bisa duduk di depan. Wheee!”

Tubuh Aquinas disimpan di Biara Fossanova hingga tahun 1369 ketika relikwinya dipindahkan ke Toulouse, Prancis, di mana Ordo Pengkhotbah didirikan dan di mana makam Aquinas dapat dipuja hari ini di Gereja Orang-orangan.

Tengkorak di Priverno adalah salah satu dari dua tengkorak yang saat ini diklaim oleh pejabat Gereja sebagai tengkorak Santo Thomas Aquinas.

Dominikan di Toulouse baru-baru ini memesan sebuah relikwi baru untuk tengkorak Santo Thomas Aquinas, yang telah melakukan tur di Prancis dan luar negeri.

Sebuah tim mahasiswa kedokteran dan seorang ahli bedah saraf melakukan perjalanan ke Priverno pada 2023 untuk memeriksa relikwi purba Italia dari tengkorak Aquinas.

Mereka ingin membuktikan apakah dia meninggal akibat cedera otak traumatik dan menyajikan temuan mereka di pertemuan tahunan Asosiasi Bedah Saraf Amerika.

Para peneliti sedang menyelidiki kemungkinan dengan melakukan analisis forensik mendalam terhadap kedua tengkorak di Italia dan Prancis dengan izin otoritas setempat untuk mengotentikasi relikwi tersebut.

“Santo Thomas Aquinas, mohon doakan kami!”

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.