Orang Muda Katolik Peduli Politik Sebarkan Semangat Berpolitik Lewat ‘Door to Door’

Rm. Albertus Lilik Kurniawan, Pr ajak kaum muda menjadi "biji sesawi" bagi bangsa Indonesia.

0 78

Katolikana.com, Karanganyar — Indonesia saat ini menghadapi berbagai bentuk degradasi di bidang sosial, moral, kepercayaan, dan politik. Kekhawatiran atas situasi ini telah memicu reaksi dari berbagai kalangan, termasuk kaum muda yang diakui sebagai generasi penerus bangsa.

Orang Muda Katolik Peduli Politik, sebuah komunitas di bawah naungan Unit Pengembangan Pastoral Kemasyarakatan & Advokasi Keuskupan Agung Semarang, merasa prihatin terhadap degradasi yang terus melanda negeri ini. Mereka berinisiatif mengajak kaum muda untuk belajar dan berperan aktif dalam mengatasi masalah ini.

Kegiatan Door to Door: See the Unseen Degradation, sebagai program perdana komunitas ini, digelar pada Sabtu-Minggu (15-16/6/2024) di Rumah Revolusi Mental Wana Cipta Sinatria (WCS) Mojogedang, Karanganyar.

Program ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan partisipasi kaum muda dalam menghadapi dan mengatasi degradasi di berbagai bidang.

Acara dimulai dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Albertus Lilik Kurniawan, Pr., yang dalam homilinya mengajak kaum muda menjadi “biji sesawi” bagi bangsa Indonesia, sesuai dengan Injil Markus 4:26-34.

Gabriel Aldo Nagama Panggabean, Ketua Pelaksana Kegiatan, dalam sambutannya berharap peserta yang terdiri dari Orang Muda Katolik se-Keuskupan Agung Semarang dapat berpartisipasi aktif dan menjadi agen perubahan untuk mengatasi degradasi di negeri ini.

Ketua Orang Muda Katolik Peduli Politik, Anonius Febriato, menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi misi komunitas, untuk memantik semangat kaum muda Katolik dalam mengikuti perkembangan bangsa dan berperan aktif di masa depan.

Pada hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan Dinamika Kelompok untuk mengembangkan kerjasama, kreativitas, dan komunikasi peserta. Pertunjukan teater oleh OMK Gondang dan Stand Up Comedy oleh komika asli Semarang, Mas Cossy, serta penampilan Teakopi, sebuah kelompok theater yang beranggotakan alumni SMA PIKA Semarang, yang menyampaikan pesan kehidupan, turut memeriahkan acara.

Hari kedua dibuka dengan jalan sehat melintasi Desa Wisata Sumberbulu, diikuti sesi “Ajaran Sosial Gereja” oleh Cyprianus Lilik K.P., anggota Unit Pengembangan Pastoral Kemasyarakatan & Advokasi Keuskupan Agung Semarang. Mas Lilik mengajak peserta memahami dan merespon isu-isu yang meresahkan masyarakat saat ini.

Komunitas Orang Muda Katolik Peduli Politik mengajak kaum muda Katolik di Keuskupan Agung Semarang untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik dengan cara-cara yang relevan bagi kaum muda.

Kontak: Carollina Saktya Pratista (Sekretaris Orang Muda Katolik Peduli Politik)

Telepon: 0812-2988-4515 Email: uppkaspemuda@gmail.com

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.