24 Juni Pesta Nama Santo Yohanes Pembaptis, Ini Inspirasi yang Bisa Kita Ambil

Apa yang bisa kita teladani dari Santo Yohanes Pembaptis?

0 46

Katolikana.com — Setiap tanggal 24 Juni, Gereja memperingati Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis. Tentunya Yohanes Pembaptis adalah orang yang sungguh dipilih Allah, karena ia adalah orang yang mempersiapkan jalan kedatangan Tuhan, sekaligus membaptis Tuhan Yesus.

Siapakah sebenarnya Yohanes Pembaptis? Lantas apa yang bisa kita teladani darinya  dalam kehidupan sehari hari kita?

 

Asal Usul Yohanes Pembaptis

Ibu dari Yohanes Pembaptis adalah Elizabeth, dan Elizabeth merupakan saudara dari ibu Yesus, yakni Maria. Mereka berdua mengandung pada saat yang bersamaan.

Di tengah kehamilannya, Maria mengunjungi Elizabet. Maria pun berjumpa Elizabet dalam suasana gembira dan sama-sama tengah menantikan buah hati mereka. Bahkan anak yang dikandung oleh Elizabet pun, melonjak keginrangan ketika Maria menyampaikan salam.

Elizabet pun mengatakan kepada Maria, “Terpujilah engkau di antara wanita, dan terpujilah buah tubuhmu. Siapakah aku ini, sampai ibu Tuhanku mengunjungi aku?”

Ketika waktunya tiba, Elizabet kemudian melahirkan seorang anak laki-laki. Anak tersebut diberi nama Yohanes. Ayahnya Zakaria tidak bisa berbicara, namun setelah anaknya yang baru lahir diberi nama Yohanes, lidah Zakaria bisa berbicara lagi.

Nantinya, Yohanes Pembaptis berperan mempersiapkan jalan untuk kedatangan Tuhan. Ia juga akan membaptis dan mempertobatkan banyak orang.

 

Kehidupan Yohanes Pembaptis

Kehidupan sehari-hari Yohanes Pembaptis sangat sederhana. Ia menggunakan bulu unta untuk pakaian sehari harinya. Makanan yang ia santap juga sangat sederhana, seperti belalang dan madu.

Ketika Yesus sudah datang dan mulai berkarya, Yohanes Pembaptis pun dengan rendah hati menerima kehadiran Yesus. Bahkan, ia sendiri ingin orang-orang Israel yang mengikutinya bisa mengikuti Yesus, yang ia tahu merupakan juru selamat bagi bangsa Israel.

Yohanes Pembaptis juga membaptis Yesus, dan ia membaptisnya di Sungai Yordan. Pada saat Yesus dibaptis ada Roh Kudus berupa burung merpati, yang berkata “Inilah Anakku, kepadanya Aku berkenan”

 

Inspirasi dari Yohanes Pembaptis

Ada beberapa inspirasi yang bisa kita dapatkan dari sosok Yohanes Pembaptis. Yohanes Pembaptis merupakan sosok yang sangat sederhana, dan dalam kehidupan sehari hari juga apa adanya. Hal ini dibuktikan dengan pakaian yang ia gunakan, sekaligus makanan yang ia santap sehari-hari.

Selain itu juga Yohanes Pembaptis juga mengajak kita, untuk menyambut kedatangan Tuhan. Kita harus senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut Tuhan. Supaya kita bisa layak berada di samping Tuhan.

Tentunya banyak sekali inspirasi yang bisa kita dapatkan dari Yohanes Pembaptis. Terutama, kita bisa belajar tentang utamanya nilai-nilai kesederhanaan dari Santo Yohanes Pembaptis. (*)

 

Sumber: Church of Jesus Christ | Sesawi

 

Editor: Ageng Yudhapratama

Penulis freelance. Menyelesaikan studi jurnalistik di Universitas Budi Luhur, Jakarta. Suka menuangkan ide-ide dalam sebuah tulisan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.