Komkep KAJ Open Volunteer Kunjungan Paus Fransiskus

Khusus bagi OMK di Keuskupan Agung Jakarta.

0 1,486

Katolikana.com, Jakarta — Jelang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta (Komkep KAJ) mengajak segenap Orang Muda Katolik (OMK) untuk terlibat berpartisipasi sebagai relawan kunjungan Paus.

Informasi pendaftaran relawan kunjungan Paus ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Komkep KAJ dan sudah menyebar pula melalui broadcast WhatsApp. Adapun proses pendaftaran ini hanya dibuka dari tanggal 25-30 Juni 2024.

Sayangnya, kesempatan ini tidak dibuka untuk semua OMK se-Indonesia. Komkep KAJ secara gamblang menyatakan kesempatan ini hanya dikhususkan bagi OMK yang tinggal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, alias area yang menjadi wilayah pastoral KAJ. 

Lengkapnya, dalam informasi bertajuk “We Need You as Volunteers“, para pendaftar harus merupakan OMK berusia 20-35 tahun dan belum menikah, berdomisili di wilayah Keuskupan Agung Jakarta, serta berdedikasi tinggi mengikuti seluruh proses kegiatan.

OMK yang ingin ambil bagian dalam kesempatan langka ini dan telah memenuhi kriteria di atas harus terlebih dahulu mempersiapkan beberapa persyaratan wajib.

Adapun persyaratan yang diwajibkan adalah dokumen surat baptis Katolik, Kartu Keluarga Paroki, KTP, dan foto diri terbaru (foto dalam kurun waktu sebulan terakhir). Setelah semua lampiran tersebut siap, calon relawan bisa mendaftarkan melalui tautan yang tersedia.

Informasi Open Volunteer kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia.

 

Calon relawan juga diminta untuk mengingat tanggal mereka menerima sakramen inisiasi (sakramen baptis, komuni pertama, dan sakramen krisma) sebelum mulai mengisi data diri dalam tautan tersebut.

Mengingat kuota relawan yang sangat terbatas, maka proses seleksi relawan kunjungan Paus akan melewati dua tahapan. Pertama-tama adalah seleksi administratif dan selanjutnya yaitu seleksi wawancara. Tahap wawancara akan dilakukan di bulan Juli mendatang dengan jadwal menyusul.

Nantinya, OMK yang beruntung dan lolos sebagai relawan kunjungan Paus Fransiskus akan mendapatkan tugas di bidang pelayanan.

Informasi lebih lengkap mengenai open volunteer ini dapat diperoleh dengan menghubungi +62811-127-749 (WhatsApp only).

Kontributor Katolikana.com di Jakarta. Alumnus Fisipol Universitas Gadjah Mada. Peneliti isu-isu sosial budaya dan urbanisme. Bisa disapa via Twitter @ageng_yudha

Leave A Reply

Your email address will not be published.