Romo Beni Juliawan SJ, Aktivis 98 Jadi Provinsial Jesuit Indonesia

Romo Benedictus Hari Juliawan S.J. diangkat sebagai Provinsial Serikat Jesus Provinsi Indonesia pada 19 Mei 2020.

0 1,402

Katolikana.com – Kabar gembira datang dari Serikat Yesus Provinsi Indonesia. Pada 19 Mei 2020, Superior Jenderal Serikat Yesus, Pater Arturo Sosa, SJ, telah mengumumkan pengangkatan Romo Benedictus Hari Juliawan, SJ menjadi Provinsial Serikat Yesuit Provinsi Indonesia.

Dikutip dari laman website Serikat Yesus Provinsi Indonesia, Romo Benedictus Hari Juliawan atau disapa Romo Beni menggantikan Romo Petrus Sunu Hardiyanta, SJ yang telah menjadi pimpinan para Jesuit di Indonesia sejak tahun 2014.

Romo Beni memiliki gelar Doktor dalam bidang Development Studies dari the University of Oxford dan ia dikenal luas lewat keterlibatannya dalam berbagai gerakan sosial. Saat ini ia adalah dosen di Universitas Sanata Dharma dan Superior Komunitas Robertus Bellarminus Yogyakarta.

Lahir di Ambarawa, Jawa Tengah pada 1 juli 1975, Romo Beni dikenal sebagai sosok yang tangguh dalam mendampingi kaum miskin dan tertindas. Pada tahun 2013-2018 menjadi koordinator Jesuit Conference of Asia Pacific (JCAP) dengan fokus pada persoalan migrasi.

Kepedulian Romo Beni di dunia sosial sudah terlihat sejak menjadi ketua Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara tahun 1998. Di masa kepemipinannya STFD dikenal sebagai salah satu kampus yang peduli terhadap situasi politik yang menindas di Jaman Orde Baru. kampus STFD kemudian menjadi pusat semangat perjuangan Reformasi yang kemudian dikenal dengan “Spirit of Jembatan Serong”.

Romo Beni terlibat aktif membidani terbentuknya FORKOT (FORUM KOTA) gerakan aktivis 98 yang sangar di masa-masa perjuangan menumbangkan Orde Baru. Kemudian setelah ada perbedaan cara perjuangan dengan FORKOT, Romo Beni mendirikan FAMRED (Front Aksi Mahasiswa Untuk Reformasi dan Demokrasi) bersama 33 kampus besar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Semangat perjuangan yang dijadikan landasan gerakan saat itu adalah Independen, Aktif non Violance, Non Partisan. Romo Beni pun pernah ditangkap polisi saat demonstrasi meskipun tidak dipenjara.

Selamat berjuang Romo Beni! Selamat menjalankan tugas dalam kapal yang lebih besar.

Entrepreneur dan Pegiat Media Sosial

Leave A Reply

Your email address will not be published.