Paus Angkat Mgr. Petrus C Mandagi, MSC Uskup Agung Merauke: Bisa Ciptakan Perdamaian di Papua

Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC Uskup Agung Keuskupan Agung Merauke diharapkan bisa menciptakan perdamaian di Papua

0 413

Katolikana.com – Paus Fransiskus telah menunjuk Uskup Petrus Canisius Mandagi, MSC sebagai Uskup Keuskupan Agung Merauke pada Rabu (11/11/2020), sekitar pukul 19.00 WIT atau Pukul 12.00 Waktu Roma. Umat yang hadir menyambuat tepuk tangan atas pengumuman uskup baru tersebut.

Surat Paus Fransiskus dibacakan oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke Pastor Hendrikus Kariwop, MSC dalam Misa yang diadakan di Gereja St. Fransikus Xaverius Katedral Merauke. “Paus Fransiskus telah menunjuk Yang Mulia Monsinyur Petrus Canisius Mandagi, MSC, Uskup Amboina sampai sekarang aktif sebagai apostolik Anda, sebagai Uskup Agung Metropolian Keuskupan Agung Merauke yang baru.”

“Berita yang membahagiakan ini diterbitkan di Roma dan di seluruh dunia jam 12 siang atau jam 18.00 WIB dan jam 20.00 WIT.”

“Sambil menyampaikan keputusan kepausan ini saya meminta agar anda memberitahukan ini kepada semua imam, biarawan-biarawati, dan umat beriman awam di gereja anda, sembari meminta mereka mendoakan Uskup Agung yang baru, yang sebagaimana sudah diketahui dengan baik, sudah memperlihatkan cintanya yang dalam bagi gereja lokal, para imam, semua rekan kerja dalam pelayanan membanguna Kerajaan Allah dan juga demi Keuskupan Agung kita yan mulia,” ujar Pastor Hendrikus.

Diumumkannya uskup defenitif ini ditanggapi antusias oleh umat yang hadir, juga sejumlah umat yang ikut dalam live streaming di You Tube. “Proficiat Buat MGR Petrus C Mandagi MSC…Tuhan Yesus selalu menyertaimu dalam tugas baru di Bumi Anim Ha,” tulis Isaak Layan.

Pastor Anselmus Amo, MSC,  Ketua SKP KAMe, Komisi Komsos, dan Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Merauke, ketika dihubungi katolikana.com menyambut baik atas pengangkatan Uskup Petrus Canisius Mandagi, MSC sebagai Uskup Agung keuskupan Agung Merauke.

“Selama kegembalaan sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Bapak Uskup Mandagi MSC telah mulai meletakkan dasar-dasar Iman bagi penataan Keuskupan ini, antara lain, memulainya dengan mewujudkan Persaudaraan dan Kemandirian. Semoga dasar-dasar ini semakin kuat dan berkembang bagi umat Allah Keuskupan Agung Merauke,” kata Pastor Anselmus Amo, MSC.

Ia mengharapkan diangkatnya uskup yang baru ini bisa membawa kedaimaian di Tanah papua. “Harapan agar tercipta kedamaian di Tanah Papua melalui suara kegembalaan Uskup Agung Merauke yang baru ini,” katanya.

Pada 7 Agustus 2019 Ketua KWI Mgr. Ignatius Suharyo mengumumkan Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke.

Jurnalis dan editor. Separuh perjalanan hidupnya menjadi penulis. Menghidupkan kata, menghidupkan kemanusiaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.