Donny Verdian Rilis Ulang ‘Suluh’ di Hari Natal 2020

0 85

Katolikana.com–Donny Verdian merilis ulang single ‘Suluh’ tepat di Hari Raya Natal, Jumat (25/12/2020). Single ‘Suluh’ pertama kali dirilis pada Juni 2020.

Apa alasannya sehingga hanya dalam jarak enam bulan lagu ini kembali dimunculkan? Pria asal Klaten, Jawa Tengah yang berdomisili di Sydney, Australia itu mengungkapkan yang pertama adalah karena kesinambungan tema.

“Suluh diciptakan saat pandemik gelombang pertama terjadi. Waktu itu dunia sama sekali tidak siap menghadapi perubahan yang begitu mendadak. Hidup terasa betul kacaunya, orang-orang takut terkena virus, ekonomi runtuh dan ‘Suluh’ adalah ajakan saya untuk kita semua tetap berpikir dan bersikap positif,” ujar Donny.

Donny Verdian

Enam bulan kemudian, keadaan ternyata tetap belum membaik. “Suluh kujadikan pengingat untuk tidak lengah supaya tetap berpikir dan bersikap positif dalam menyikapi hidup dan sesama,” tambahnya.

Menurut Donny, dalam semangat Natal, umat kristiani diajak untuk mendalami semangat Natal di mana Yesus Kristus hadir sebagai terang dunia. Lagi-lagi, tema ‘Suluh’ amat selaras karena kita diajak untuk menjadi ‘suluh cahaya’ bagi sesama. “Ya semoga bisa jadi soundtrack Natal ‘pandemik’ ini,” ujar Donny.

Konsep Akustik

Secara musik, ‘Suluh’ versi baru berbeda dengan ‘Suluh’ yang dirilis enam bulan lalu.

Dalam rilisan pertama, ‘Suluh’ ditampilkan dalam format full band sementara ‘Suluh’ yang baru dihadirkan dalam konsep akustik supaya musik bisa disederhanakan sehingga lirik dan nyanyian bisa lebih dijadikan fokus karena pesan yang hendak disampaikan.

“Ide awalnya malah hanya aku yang bernyanyi sambil main ukulele,” lanjut Donny.

Dalam proses produksi, Donny kembali bekerja sama dengan Ignasius Bowo Sarjito. Keduanya sepakat untuk menambahkan string keyboard di beberapa part serta sentuhan backing vocal yang semuanya dikerjakan Bowo.

‘Suluh’ versi akustik bisa diakses di kanal-kanal musik global terkemuka seperti Spotify, Itunes, Apple Music dan Amazon Music.

Sementara video klip berikut lirik bisa disimak di Youtube seperti tampak di bawah ini.

Lagu ‘Suluh’ secara eksklusif akan dinyanyikan oleh Donny Verdian dalam acara “Konser Virtual Natal” melalui kanal Youtube Komsosdok St. Teresia Jambi pada 27 Desember 2020 pukul 19:00 WIB. (yw)

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.