Rr. Ayu Maulida Putri, Miss Universe Indonesia 2020

Sempat Peragakan Kostum Nasional Bertema Komodo

0 74

Katolikana.com—Miss Universe saat ini tengah melangsungkan kompetisi untuk menemukan Miss Universe 2020. Salah satu kontestannya adalah Rr. Ayu Maulida Putri, sebagai perwakilan Miss Universe dari Indonesia. Siapakah dia sebenarnya?

Rr. Ayu Maulida Putri, yang pada bulan Maret 2020 lalu dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, merupakan perwakilan Puteri Indonesia dari Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan profilnya pada situs official Miss Universe, ia telah memulai karir modeling-nya sejak berusia 15 tahun. Ia juga memiliki ketertarikan dengan dunia fashion atau tata busana.

Perempuan kelahiran tahun 1997 ini merupakan Sarjana Hukum lulusan Universitas Airlangga dan co-founder Senyum Desa, sebuah organisasi non-profit yang bergerak membantu keberlangsungan kehidupan desa-desa di Indonesia dalam bidang edukasi, dengan mengadakan kegiatan belajar dan juga pelatihan kewirausahaan.

Ayuma ketika berjalan di atas ‘catwalk’ di ajang kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020, pada Jumat 6 Maret 2020. Foto: Bisnis.com

Selain telah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, atau yang sering disapa sebagai Ayuma ini, juga telah memenangkan beberapa penghargaan dalam dunia modeling. Ayuma juga dinobatkan sebagai Face of Asia 2019, yang merupakan pemenang dari kontes Asia Model Festival 2019 di Korea Selatan.

Berkat kemenangannya dalam ajang kontes kecantikan terbesar di Indonesia, yaitu Puteri Indonesia, akhirnya mengantarkan Ayuma menjadi salah satu kontestan di Miss Universe 2020 ini.

Miss Universe Indonesia 2020

Ajang Miss Universe 2020 seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu, namun karenakan pandemic COVID-19, akhirnya kontes ini diundur hingga enam bulan lamanya.

Dilansir dari Wolipop, pada jumpa pers yang dilakukan di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta (23/4/2021), Ayuma menyatakan bahwa persiapan paling berat yang harus ia jalani adalah melakukan kelas online.

Hal ini dikarenakan kurangnya chemistry yang dapat kurasakan dengan para pelatih dan juga lawan bicara.

Meski begitu, ia tetap tidak patah semangat dan ia juga menyatakan bahwa dirinya harus bisa beradaptasi dengan keadaan.

Pada 6 Mei 2021 lalu, kontes ini resmi dilaksanakan dan diikuti oleh 72 negara.

Selama mengikuti Miss Universe 2020, Ayuma tak lupa memberikan update terbaru mengenai perkembangan dan juga kegiatan yang ia lakukan dengan para kontestan lainnya.

Ia kerap mengunggah Insta Story dalam bentuk video di akun Instagramnya @ayumaulida97. Tak jarang ia mengunggah foto-foto pada laman akunnya.

Salah satu momen yang diunggah adalah ketika dia sedang mengenakan gaun atau dress bertema komodo, yang juga ia kenakan di atas catwalk, pada 14 Mei 2021.

Foto Ayuma ketika mengenakan gaun bertemakan Komodo yang sempat ia unggah ke akun Instagramnya @ayumaulida97.

Foto Ayuma ketika mengenakan gaun bertemakan Komodo yang sempat ia unggah ke akun Instagramnya @ayumaulida97

Gaun ini ia kenakan ketika ia melakukan peragaan National Costume. Meski begitu, Ayuma juga sudah sempat menampilkan gaun ini ketika melakukan Press Conference, April 2021 lalu, yang juga disiarkan langsung melalui channel YouTube Official Putri Indonesia.

Gaun yang merupakan hasil desain Diana M. Putri bersama dengan Le Ciel Design ini merupakan gaun yang memberikan efek tiga dimensi untuk merepresentasikan komodo dengan baik, serta gaun ini juga merupakan gabungan dari tiga jenis logam yang digabung menjadi satu.

Gaun ini juga dikombinasikan dengan sebuah choker yang dapat menyala, serta dikontrol dengan menggunakan LED controller.

Ayuma juga sempat mengunggah momen peragaan busana untuk National Costume ini melalui IGTV miliknya dengan judul “Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage”, yang memiliki arti sebagai “Komodo: Sebuah Kekayaan Prasejarah Milik Indonesia”.

Penampilan Ayuma disambut hangat oleh masyarakat Indonesia, baik melalui komentar dan juga jumlah like atas unggahan Ayuma mengenai kegiatannya ini di Instagram miliknya.

@xj***8 menyatakan, “Eksekusi juara. Terimakasih Ayuma sudah bawa komodo ke ajang MU (Miss Universe)”

@pe*********ri juga menyatakan, “Ayumaaa, keren banget sumpah.. Kamu luar biasa, Yu. The best.. Proud of you, Ayuma. Kerennn, Surabaya bangga, Indonesia bangga sama kamu @ayumaulida97”

Bukan hanya di media sosial Instagram saja, kehebohan yang dihasilkan Ayuma dengan penampilannya juga merambah hingga media sosial Twitter.

Akun official milik Miss Universe juga sempat mengunggah sebuah video belakang layar milik Ayuma dengan busananya, yang meraih hingga lebih dari 5 ribu retweet dan juga lebih dari 14.9 ribu likes pada cuitan tersebut.

Feedback baik pun juga dapat dilihat dengan banyaknya akun yang menyuarakan rasa kagumnya untuk gaun yang dikenakan oleh Ayuma, salah satunya Miss Universe 2018, Catriona Gray.

Catriona menyatakan bahwa Indonesia, Nepal, Peru, Thailand, Ukraina, dan Vietnam, merupakan 6 Besar National Costume Miss Universe miliknya.

Tidak sedikit juga banyak akun Twitter yang memberikan dukungan mereka kepada Ayuma.

Acara Miss Universe 2020 tayang pada 17 Mei 2021, pukul 07.00 WIB, melalui Fox Asia atau YouTube.  Semangat terus Ayuma!

Kontribusi: Inezia Sukonco, Clarisa Natania, Katarina Widhi, Rufus Christian (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

 

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.