Seminari Menengah Santo Paulus Palembang Sambut Yubelium ke-75 Tahun

Per aspera ad astra (melalui jerih payah menuju bintang), menjadi tema Yubelium ke-75 Seminari Menengah St. Paulus Palembang.

0 316

Katolikana.com—Seminari Menengah Santo Paulus Palembang merayakan Ekaristi Pembuka Yubelium ke-75 Tahun yang dipimpin oleh Uskup Agung Emeritus Keuskupan Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ di Kapel Seminari, Jalan Bangau 60 Palembang, Minggu (24/4/2022).

Mgr. Aloysius Sudarso SCJ dalam kotbah mengatakan bahwa buah-buah manis yang dicapai oleh Seminari Santo Paulus bukan sesuatu yang mudah dicapai, tetapi melalui perjuangan dan proses yang penuh liku.

Romo Andreas Suparman SCJ (kiri), Mgr. Aloysius Sudarso SCJ (tengah), dan Romo Petrus Sugiarto SCJ (kanan). Foto: Maria Sylvista (Komunio.id)

Per aspera ad astra

Per aspera ad astra (melalui jerih payah menuju bintang), menjadi tema Yubelium ke-75 Seminari Menengah St. Paulus Palembang.

Uskup Sudarso SCJ mengajak para seminaris, imam, biarawan-biarawati, dan umat yang hadir untuk merenungkan tema ini dalam semangat Paskah.

“Profisiat kepada keluarga besar seminari atas usia 75 tahun ini. Begitu banyak rahmat yang diberikan kepada kita, terutama dalam seminari ini, yang diwujudkan dalam Gereja, terutama di keuskupan kita, juga di Tanjung Karang, Pangkal Pinang, dan Padang. Kita bersyukur atas campur tangan Tuhan yang besar,” kata Mgr. Sudarso SCJ, membuka homilinya.

Mgr. Sudarso SCJ menegaskan bahwa Paskah seharusnya mendasari rasa syukur atas perayaan 75 tahun Seminari Menengah St. Paulus Palembang.

“Hari ini istimewa karena pada saat yang sama Gereja  merayakan Paskah Tuhan. Seandainya Dia tidak bangkit, tidak ada gunanya kita merayakan misa kudus di tempat ini. Tak ada gunanya menjadi biarawan-biarawati  termasuk menjadi uskup. Bukankah kebangkitan Kristus merupakan sesuatu yang utama dalam kehidupan kita sebagai Gereja?” ujar Uskup Sudarso.

Para Seminaris saat Misa Yubelium 75 Tahun Seminari Menengah St. Paulus Palembang. Foto: Maria Sylvista (Komunio.id)

Awalnya Empat Siswa

Seminari Menengah Santo Paulus Palembang didirikan pada 24 April 1947 dengan jumlah siswa awal sebanyak empat orang.

Dalam perjalanannya, beberapa kali pindah dari satu tempat ketempat lain karena alasan keamanan.

Setelah pembangunan gedung yang diperuntukkan bagi pendidikan para seminaris rampung, pada bulan Agustus 1951 Seminari Santo Paulus Palembang berkedudukan permanen di Jalan Bangau 60 Palembang, satu komplek dengan SMA Xaverius 1  hingga sekarang.

Memasuki usia ke-75 tahun, seminari mengalami dinamika naik turun dari sisi jumlah seminaris. Meski demikian, berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, seminari  tetap eksis hingga saat ini.

Memasuki usia75 tahun, alumni Seminari ada yang menjadi uskup, pastor, bruder maupun awam.

Mereka berkarya di Sumatera Bagian Selatan tepatnya di Keuskupan Agung Palembang dan Keuskupan Tanjung Karang, beberapa bahkan dikirim ke luar negeri menjadi misionaris.

Uskup Emeritus Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ dan Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono, keduanya merupakan alumnus Seminari Santo Paulus Palembang.

PASSpapa

Setelah Ekaristi, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Paguyuban Alumni Seminari Santo Paulus Palembang (PASSpapa) (PASSpapa) periode 2022-2024 oleh Rektor Seminari Pastor Petrus Sugiarto, SCJ dilanjutkan doa peneguhan dan perutusan dari Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ.

PASSpapa bertujuan sebagai sarana komunikasi  diantara alumni baik yang menjadi pastor, bruder maupun awam untuk tetap memiliki komitmen terhadap almamater.

Reuni Akbar Seminari Santo Paulus Palembang.

Rangkaian Kegiatan

Ketua Panitia HUT ke-75 Seminari Santo Paulus Palembang Pastor Petrus Heryanto, SCJ mengatakan, Misa Kudus ini merupakan  pembuka Perayaan Yubelium 75 tahun Seminari Santo Paulus.

Doa Yubelium Seminari Santo Paulus Palembang.

Selama satu tahun ke depan terdapat serangkaian kegiatan yang sudah dipersiapkan, meliputi:

  • Misa Pembukaan
  • Doa Yubelium 75 Seminari Santo Paulus Palembang selama satu tahun
  • Rekoleksi dan ziarah guru serta karyawan (19-21 Juni 2022)
  • Reuni Akbar Alumni Seminari (1, 2, 3 Juli 2022)
  • Weekend Islamologi Seminari (9 Juli 2022)
  • Kursus Jurnalistik Seminaris bersama PGU Nasional
  • Seminar Moderasi Beragama (Agustus 2022)
  • Ziarah ke Makam Pendahulu di kota Palembang (November 2022),
  • Temu Formator Seminari Menengah Regio Sumatera (Desember 2022),
  • Pembuatan Film Dokumenter dan Museum Seminari
  • Perayaan Ekaristi Puncak pada 24 April 2023.

Alumni Seminari semua angkatan diundang untuk mengikuti Reuni Akbar (1-3 Juli 2022) dengan mendaftarkan diri melalui link : https://bit.ly/daftarreunialumnisempal

Kontributor: Ignasius Winarno, alumnus Seminari Santo Paulus Palembang.

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.