Seruan Moral ISKA DPD DIY: Menyikapi Perkembangan Negara Dan Bangsa Indonesia Yang Mengalami Regresi Demokrasi

Regresi demokrasi membentuk “demokrasi yang bengkok”.

0 179

Katolikana.com—Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Dewan Pimpinan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD DIY) mengeluarkan seruan moral mengenai regresi demokrasi yang tengah terjadi dalam perkembangan negara dan bangsa Indonesia menjelang Pemilihan Umum 2024.

Seruan ini dibacakan oleh Ketua I ISKA DPD DIY, Ignasius Triyana, S.I.P, M.M., di Kampus V Universitas Sanata Dharma pada Selasa (6/2/2024).

ISKA DPD DIY, sebagai organisasi kemasyarakatan yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan solidaritas, menyampaikan keprihatinan terkait gejala kemerosotan demokrasi yang semakin nyata, terutama dalam konteks pemilihan umum mendatang.

Berbekal ilmu pengetahuan sebagai anugerah Tuhan, ISKA DPD DIY bertekad untuk berkontribusi dalam menyampaikan ide, gagasan, saran, dan himbauan demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia.

Dalam seruannya, ISKA DPD DIY mendesak Presiden, jajaran pemerintah, dan lembaga negara untuk menjunjung tinggi etika politik kebangsaan serta prinsip-prinsip tata-kelola pemerintahan yang baik, sejalan dengan konstitusi dan sumpah jabatan.

Ketua ISKA DPD DIY, Julius Hermondo

ISKA DPD DIY juga menekankan perlunya pelaksanaan demokrasi elektoral yang objektif, netral, dan tidak berpihak agar pemilu dapat berjalan langsung, umum, bebas dari intimidasi dan kekerasan, serta jujur dan adil.

Seluruh komponen bangsa diminta untuk terlibat aktif dalam menciptakan suasana damai dan rukun dalam Pemilu, serta mengawal terwujudnya Pemilu yang Luber Jurdil dan bermartabat.

ISKA DPD DIY juga mendorong lahirnya warga negara yang kompeten sebagai kunci terwujudnya sistem demokrasi yang berkualitas, dengan memberikan kebebasan kepada setiap anggota masyarakat untuk menyalurkan aspirasi politik dan hak memilih.

ISKA DPD DIY mengajak semua pihak untuk mengadopsi delapan nilai panduan atau “Among Asthabrata” dalam memilih pemimpin yang memiliki keutamaan moral, termasuk konsistensi dalam mempertahankan Pancasila, mengutamakan keberpihakan dan pemberdayaan bagi masyarakat yang lemah, serta memiliki komitmen kuat terhadap penegakan hukum dan kelestarian lingkungan hidup.

Dewan Pimpinan Daerah ISKA DIY secara tegas menyampaikan seruan moral ini dengan niat baik, dengan harapan dapat mewujudkan kehidupan demokrasi yang lebih berkualitas di Indonesia.

Seruan moral ditandatangani oleh Drs. Julius Hernondo, M. M. (Ketua Umum), Ignasius Triyana, S.I.P, M.M. (Ketua I), Dr. A. Budisusila, SE, M.Soc.Sc. (Ketua II), Dr. Drs. B. Wibowo Suliantoro, M.Hum. (Ketua III), dan Dr. Matheus Mali, CsSR (Moderator). (*)

Seruan Moral 2024 ISKA DPD DIY

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.