Dewan Pastoral Kampus Dekenat Jayapura Gelar Rapat Kerja

DPK adalah wadah berhimpun dosen dan karyawan Katolik di Perguruan Tinggi di Dekenat Jayapura

0 37

Katolikana.com, Jayapura — Dewan Pastoral Kampus (DPK) Dekenat Jayapura Keuskupan Jayapura  mengadakan Rapat Kerja di salah satu hotel di Kota Jayapura, Senin-Selasa (17-18/6/2024).

Mereka merumuskan rencana kerja atau program satu tahun ke depan dalam bidang liturgi/kerohanian maupun karitatif. Rapat kerja dihadiri komunitas basis dosen dan karyawan katolik yang ada di kampus Universitas Cendana, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jayapura.

Ketua DPK Dekenat Jayapura Dr. Petrus Bahtiar menyampaikan bahwa DPK adalah wadah berhimpun dosen dan karyawan Katolik yang ada di Kampus Perguruan tinggi  di Dekenat Jayapura.

Di Dekenat Jayapura sedikitnya terdapat 142 orang dosen dan pegawai Katolik.

Dewan Pastoral Kampus bertujuan mengembangkan kehidupan spiritual secara komunal dan pribadi, pengabdian di dunia akademik serta pengembangan perwujudan iman melalui aksi-aksi kongkret baik di kampus maupun di masyarakat dalam menunjang tridharma perguruan tinggi sekaligus sebagai bagian gereja keuskupan Jayapura.

Sejumlah program ditetapkan dalam rapat kerja tersebut seperti bidang liturgi menyelenggarakan misa pada setiap awal semester, rekoleksi Prapaskah, selain program  fraternitas, solidaritas dan karitatif.

Dalam raker tersebut berkembang tuntutan DKP untuk memberikan peran lebih nyata untuk pengembangan Dekenat Jayapura.

Pastor Moderator RD. Yohanes Kayame, Pr yang mendampingi selama kegiatan raker menekankan komunitas dosen dan karyawan ini sejalan dan seirama dengan misi Keuskupan Jayapura untuk mewujudkan gereja mandiri yang  misioner, sehingga DPK melalui raker ini dapat berjalan lebih terarah dalam menjalankan reksa pastoralnya.

Dukung Unika

Sebelumnya, Pengurus Dewan Pastoral Kampus Keuskupan Jayapura dikukuhkan oleh Uskup Keuskupan Jayapura, Mgr Yanuarius You di Gereja Katolik Paroki Kristus Terang Dunia Waena, Kota Jayapura, Papua, Jumat (5/4/2024).

Dalam acara ini, Mgr Yanuarius You berharap para dosen Katolik yang tergabung dalam pengurus tersebut dapat mendukung pendirian Universitas Katolik (Unika) di Jayapura. Ia menekankan pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk mendukung proses pendidikan di UNIKA.

Mgr Yanuarius menyatakan bahwa Gereja selalu berperan aktif dalam bidang pendidikan dan akan terus mempersiapkan SDM yang diperlukan. Ia juga berharap agar dosen Katolik dari berbagai universitas dapat bergabung sebagai staf pengajar di Unika untuk memperkuat institusi tersebut.

Ketua Pengurus Dewan Pastoral Kampus, Dr. Petrus Bachtiar, menyatakan dosen berperan sebagai perpanjangan tangan dalam mewartakan kasih Kristus melalui pengajaran di kampus-kampus yang ada di wilayah Keuskupan Jayapura.

Ia berharap dosen Katolik dapat berkontribusi dalam tridharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (*)

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.