Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC Kunjungi Kepulauan Tanimbar

0 236

Katolikana.com—Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC., pada Jumat pagi (6/11/2020) tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Amtufu dengan penerbangan Wings Air.

Kedatangan Uskup Mandagi di ‘Bumi Duan-Lolat’ ini mendapat sambutan hangat dari pimpinan daerah setempat, diwakili Pj. Sekda Kepulauan Tanimbar Ruben Moriolkossu, MM.

Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD) RD. Simon Petrus Matruti, para pastor, tokoh umat maupun tokoh pemuda turut hadir dalam penjemputan tersebut.

Dari Bandara Amtufu, iring-iringan konvoi kendaraan roda dua anggota Legiun Christy (LC) Tanimbar mengantar sekaligus mengawal Uskup Mandagi menuju ke Unio Projo Olilit untuk istirahat sejenak, dilanjutkan makan siang bersama di Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar.

Rombongan Legiun Christy (LC) Tanimbar saat mengantar Uskup berkunjung ke Biara MSC Saumlaki (6/11/2020). Foto: Jabes

Semua Bersaudara

Pada silahturahmi dan jamuan makan siang bersama di Kediaman Bupati, Uskup Mandagi memuji kebersamaan dan persaudaraan yang sudah terjalin baik antara pemerintah dan tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Uskup Mandagi juga menekankan agar tetap menjaga persaudaraan yang sudah terjalin. Uskup Mandagi mengutip Ensiklik terbaru Paus Fransiskus ‘Fratelli Tutti’ yang mengandung arti semua bersaudara: persaudaraan dan persahabatan sosial.

“Pada dasarnya semua manusia bersaudara, bahkan seluruh makhluk bersaudara karena lahir dari Allah yang satu dan yang sama,” kata Uskup.

Sesudah jamuan makan, Uskup Diosis Amboina beserta rombongan berkunjung ke Biara MSC dan menemui sesepuh Pastor Samuel Bomaris, MSC sekaligus mendoakan dan memberkati beliau.

Agenda kunjungan Kanonik Uskup Mandagi di wilayah Kepulauan Tanimbar pada 6-9 November 2020, Uskup Mandagi bersama beberapa pastor di wilayah itu akan berkunjung dan melayani Sakramen Krisma di beberapa paroki.

 

Bapak Uskup bersama Pastores menuju ke Paroki Seira Kecamatan Wermaktian (7/11/2020). Foto: Ms

Kunjungan Kanonik Uskup Mandagi kali ini meliputi:

  1. Paroki Seira di Kecamatan Wermaktian
  2. Paroki Waturu Baru (Wabar) di Kecamatan Wuarlabobar
  3. Paroki Larat di Kecamatan Tanut
  4. Paroki Lorwembun di Kecamatan Kormomolin.

Setelah itu, Uskup Mandagi bertolak kembali ke Ambon.

Kontributor: Willex Batlayeri, tinggal di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.