Ternyata Burger Ikan Legendaris Berawal Pantang Daging Umat Katolik

Pantang makan daging umat Katolik membawa berkat melimpah bagi restoran cepat saji Mc Donald.

0 294

Katolikana.com – Umat Katolik menjalani masa puasa dan pantang selama masa Prapaskah. Salah satu pantangan yang paling populer dipilih umat Katolik adalah pantang memakan daging. Tahukah Sobat Katolikana masa-masa pantang umat Katolik membawa rejeki tak terduga pada salah satu restoran cepat saji yang sangat terkenal ini? Yuk simak kisahnya.

Lou Groen, pemilik franchise restoran di Cincinnati – kota terbesar ke-3 di Ohio, Amerika Serikat,  mengalami penurunan penjualan burger sapinya setiap hari Jumat. Saat itu, hampir semua pengunjung restoran miliknya adalah umat Katolik dan mereka melakukan pantang daging setiap hari Jumat (bukan hanya di masa Prapaskah).

Bisnis mereka sedang mengalami masa yang cukup buruk. “Saya mengalami kesulitan. Pegawai restoran hanyalah saya, istri saya, dan seorang pria bernama George. Saya melakukan perbaikan-perbaikan sendiri, menyapu lantai, apapun itu. 87 persen penduduk di area restoran kami adalah Katolik. Di setiap hari Jumat, omset kami hanya $75.” Semua pelanggan mereka mengunjungi restoran saingannya yang menjual menu ikan.

Groen kemudian melakukan inovasi resep dengan membuat roti lapis ikan, membuat adonan celup khusus, dan membawa resep itu ke kantor pusat. Ray Kroc, CEO kantor pusat juga menyiapkan menu pengganti daging. Groen dan Ray Kroc bersaing untuk menentukan menu siapa yang terbaik untuk disajikan di seluruh restoran franchise di Negara Paman Sam tersebut.

“Saya memenangkan kompetisi tersebut dengan 350 roti lapis ikan. Tetapi Ray Kroc tidak pernah mau memberitahu berapa banyak penjualan menu buatannya,” kenang Groen. Roti lapis ikannya merupakan menu tambahan pertama di luar menu original dari kantor pusat.

Inovasinya ternyata membawa berkat. Menu baru ini menyelamatkan restorannya. Ketika akhirnya menjualnya di tahun 1986, Groen memiliki 43 restoran Mc Donald di Cincinnati dan Kentucky. Tidak hanya di restoran miliknya, menu ini juga sangat populer di seluruh cabang restoran Mc Donald.

Jadi, sudahkah kamu menebak kira-kira menu apakah yang dibuat oleh Groen? Ya, tidak lain tidak bukan adalah menu Fillet O Fish yang terkenal dengan kelembutan ikannya dan tepung roti renyah yang digunakan untuk mencelup ikan. Tidak disangka, ternyata pantang umat Katolik membawa berkat melimpah bagi restoran cepat saji Mc Donald.

Fakta-fakta menarik tentang Fillet O Fish:

  • Hawai menempati penjualan tertinggi Fillet O Fish di seluruh Amerika
  • Hampir 25% Fillet O Fish di Amerika terjual selama masa Prapaskah
  • Menu saingan yang dibuat oleh Ray Kroc dinamakan Hula Burger, berisi nanas panggang dan keju di atas roti. Tidak heran Groen memenangkan kompetisi menu baru tersebut.
  • Ternyata penjualan Hula Burger hanya mencapai 6 buah dibandingkan dengan Fillet O Fish yang terjual 350 buah.
  • Ikan yang sebenarnya diajukan oleh Groen bukan merupakan menu akhir yang disetujui karena agak terlalu mahal. Groen harus mengubah jenis ikannya agar lebih murah 5 sen daripada menu awalnya.

Editor: Basilius Triharyanto

Kontributor Katolikana.com di Jakarta. Penulis freelance dan ibu rumah tangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.