Laskar Bersenyum: Pegiat Aksi untuk Temanggung Bersenyum

Ikut andil dalam aksi membangun Kabupaten Temanggung.

0 208

Katolikana.com—Warga Temanggung mungkin sudah tak asing dengan Komunitas Laskar Bersenyum. Komunitas yang bergerak di bidang sosial ini banyak berkiprah menginisiasi pergerakan sosial di Temanggung.

Tidak seperti komunitas umumnya, Komunitas Laskar Bersenyum justru sengaja tidak memiliki banyak anggota. Setidaknya hanya 15-an anggota yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Komunitas Laskar Bersenyum, Narasi Damai Nusantara, Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Komunitas Ganapati, dan Gusdurian menggelar Peace Trip Indonesia. Salah satunya mengunjungi Gereja Kristen Indonesia Temanggung. Foto: Kompasiana.com

Salah satu anggota Komunitas Laskar Bersenyum Elly Suryanto (28) mengatakan makin banyak anggota dalam suatu komunitas, justru makin sulit untuk saling berkoordinasi dan mewujudkan aksi nyata.

Sejak Elly bergabung dalam Komunitas Laskar Bersenyum tahun 2017, banyak aksi sosial yang dilakukan oleh komunitas tersebut.

Komunitas Laskar Bersenyum sering berkolaborasi dengan organisasi maupun komunitas lain, baik pemerintahan maupun swasta.

“Kalau mengadakan event, kebanyakan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Misalnya, membantu orang sakit, atau membantu kampung untuk bergerak aktif menanam tumbuhan,”ujar Elly Suryanto saat diwawancarai via WhatsApp Call, Kamis (6/5/2021).

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan Laskar Bersenyum, harapan mereka adalah orang-orang di sekitar pun tergerak untuk ikut andil dalam aksi membangun Kabupaten Temanggung dan lebih aware dengan kondisi yang terjadi di sekitar kita.*

Kontributor: Rustiningsih Dian, Ignasia Dyah, Jack Silaban (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.