Pertemanan Positif Memberi Pengalaman yang Berguna bagi Masa Depan

Pertemanan menjadi salah satu faktor yang bisa membawa kita menjadi lebih baik atau lebih buruk.

0 92

Katolikana.com—Hubungan pertemanan menjadi satu hal penting bagi orang muda. Pertemanan dapat memengaruhi kebahagiaan dan kehidupan mereka.

Pertemanan positif akan membawa hal-hal baik dalam kehidupan satu sama lain. Sebaliknya, pertemanan negatif tidak membawa seseorang ke arah yang lebih baik.

Britney Pincky Claudia dan Elizabeth Juliana Karauan. Foto: Dokumentasi Pribadi

Pengalaman Berkesan

Pada siaran Radio Katolikana edisi Selasa (20/4/2021) lalu, Britney Pincky Claudia dan Elizabeth Juliana Karauan membahas mengenai pengalaman menjalani pertemanan selama lima tahun.

Pertemanan Pinky dan Eliz dari awal sudah terasa positif karena berawal dari pelayanan. Pertemanan mereka berawal dari kepanitiaan acara Natal Remaja di gereja. Sejak itu, mereka menjalin pertemanan hingga sekarang.

“Saya merasa pertemanan kami berjalan seperti pertemanan pada umumnya, di mana kami berkumpul dan bermain bersama. Namun hampir setiap kami berkumpul, hal yang dibahas ataupun kegiatan yang kami lakukan yaitu pelayanan di gereja,” ujar Pinky.

Hal tersebut membuat pertemanan itu membawa vibes positif karena sebagian besar alasan mereka berkumpul yaitu mempersiapkan beberapa hal untuk pelayanan.

Pertemanan mereka cukup positif karena banyak hal baik yang didapat.

“Kesamaan kami yang menyukai musik dan senang bernyanyi bisa membawa kami terus melakukan pelayanan. Hingga saat ini kami masih terkumpul,” ujar Eliz.

Dari pertemanan tersebut mereka berhasil membuat satu komunitas yang mewadahi anak muda di Balikpapan untuk mengembangkan bakatnya di berbagai bidang seperti musik, menari, dan multimedia.

Meski terbilang baru, mereka berhasil menyelesaikan beberapa proyek kecil berkaitan dengan pelayanan.

Menurut Pinky, pertemanan yang positif bisa membuat satu sama lain menjadi berkembang.

“Memiliki passion dan saling mendukung dapat membuat pertemanan bisa memberikan pengalaman yang berguna bagi masa depan,” tambahnya.

Pinky, Eliz, dan teman-temannya. Foto: Dokumentasi Pribadi.

Versi Netizen

Untuk menggali pendapat netizen, sebelum siaran Pinky membuka question box di Instagram dan menanyakan pendapat mereka tentang pertemanan positif.

Dari pendapat yang disampaikan, terdapat beberapa pandangan yang sama mengenai pertemanan positif.

Menurut Pinky, sebagian besar mengatakan pertemanan positif adalah pertemanan yang saling mendukung untuk lebih berkembang menjadi lebih baik.

Pinky menambahkan, istilah ‘mendukung’ perlu dimaknai sebagai sesuatu yang baik.

“Meski kata mendukung termasuk pertemanan positif, tapi jika mendukung untuk melakukan hal kurang baik, tentunya akan dianggap pertemanan yang negatif,” ujarnya.

Ada juga tanggapan lainnya yang mengartikan pertemanan positif dalam berbagai pandangan.

  • “Berani negur kalau salah, tapi dengan cara penyampaian yang benar.”
  • “Saling melengkapi.”
  • “Ada bukan hanya saat suka tapi juga saat duka.”
  • “Tidak nperlu selalu ada, yang penting saat down sama-sama tahu dan saling menguatkan.”

Menurut Pinky, pertemanan menjadi salah satu faktor yang bisa membawa kita menjadi lebih baik atau lebih buruk.

“Berteman bisa dengan siapa saja, namun ambillah hal positif dan buanglah hal yang negatif. Sebelum berharap teman yang positif mulailah dari diri sendiri,” pungkasnya.*

Kontributor: Grace Paramitha, Priscillia Aurelia Xena Tanama,  Mardyaning Christ Cahyarani, Britney Pincky Claudia (Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Katolikana.com adalah media berita online independen, terbuka, dan berintegritas, menyajikan berita, informasi, dan data secara khusus seputar Gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.