Umat Kristiani TNI-POLRI-ASN Sumsel Lakukan Doa Bersama untuk Kesuksesan Pemilu 2024

Umat Katolik Dekanat II KAPal Diajak Menjalani Proses Pemilu dengan Kebijaksanaan dan Tanggung Jawab

0 36

Katolikana.com—Dalam upaya menunjukkan kesiapan dan mendukung kesuksesan Pemilu 2024, umat Kristiani dari TNI, POLRI, dan ASN di Sumatera Selatan berkumpul dalam doa bersama yang diselenggarakan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Rachmad Wibowo, S.I.K. Acara ini diadakan di lantai 7 gedung utama Mapolda, Keuskupan Agung Palembang, Jumat (19/1/2024).

Doa bersama dipimpin oleh Romo Agustinus Riyanto SCJ, dengan didampingi oleh Romo Petrus Sukino, PR, dan Romo Gono Pratowo PR.

Pendamping TNI-Polri di Keuskupan Agung Palembang Romo Agustinus Riyanto, SCJ, menyampaikan tema doa bersama ini: “Dengan Semangat Kerendahan Hati Menyambut Kelahiran Kristus guna Mewujudkan Pemilu Damai menuju Indonesia Maju.”

Dalam kotbahnya, Romo Riyanto menekankan panggilan utama umat Kristiani untuk menjadi murid Tuhan Yesus, yang diutus untuk menghadirkan karya keselamatan Allah bagi semua umat manusia.

Dalam konteks Pemilu, sebagai murid Yesus, tanggung jawab umat Kristiani, termasuk TNI-POLRI dan ASN, adalah menjaga agar Pemilu berjalan lancar, tertib, dan aman, sehingga tidak menjadi sumber perpecahan, kebencian, dan permusuhan.

Romo Riyanto juga mengingatkan bahwa menjadi murid Yesus adalah panggilan selamanya, dengan tugas perutusan menjaga keberlangsungan seluruh ciptaan.

Doa bersama dihadiri oleh unsur TNI-Polri, tokoh agama, pimpinan instansi, dan civitas akademi. Turut hadir Kapolda beserta pejabat utama Polda Sumsel, Kadispotdirga Lanud SMH Palembang Letkol (Pas) Catur Yanuar, Kasatkom Lanal Palembang Lettu (P/W) Yulin, Kabidkum Kanwil Kemenkumham Sumsel Ave Maria, Pembina Yayasan Universitas MDP Alexander Kurniawan, utusan Bank BRI Cabang A Rivai, Bank BTPN Palembang, Civitas Akademika Universitas MDP, anggota TNI-Polri, ASN, serta para purnawirawan Polri, dan umat Katolik di Palembang.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Rachmad Wibowo S.I.K., melalui ketua pelaksana doa bersama Kombes Budi Santoso, Sik, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman dan damai di bumi Sriwijaya.

Budi Santoso menambahkan bahwa menjelang tahapan kampanye terbuka, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban, mematuhi aturan, dan menjaga toleransi. Doa bersama diharapkan menjadi upaya bersama memohon harapan kepada Tuhan untuk kelancaran Pemilu.

Jalani Proses Pemilu dengan Bijaksana dan Tanggung Jawab

Sebelumnya, utusan tarekat dan umat Katolik dari Dekenat II Keuskupan Agung Palembang juga mengadakan kegiatan serupa. Mereka berkumpul di aula Stasi St. Yusuf Bumiarum, Paroki St. Maria Assumta Mojosari, Selasa (16/1/2024), untuk mendalami pemahaman tentang kebangsaan dan demokrasi sebagai persiapan menyongsong pemilu yang damai.

RD Silvester Joko Susanto menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai kontribusi positif umat Katolik terhadap proses demokrasi di Indonesia.

Yoga Hona Saputra, Komisioner KPU OKU Timur, memberikan apresiasi kepada umat Katolik atas terselenggaranya kegiatan ini dan menjelaskan proses pemilu secara umum.

Ketua Bawaslu OKU Timur, Sunarto S.P, memberikan wawasan tentang peran Bawaslu dalam memastikan integritas dan keamanan pemilu.

RP Agustinus Riyanto dari Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Agung Palembang memberikan pesan moral dan spiritual, mengajak umat Katolik untuk menjalani proses pemilu dengan kebijaksanaan dan tanggung jawab.

Imam, utusan tarekat dan umat Katolik dari Dekenat II Keuskupan Agung Palembang mengadakan kegiatan pembekalan tentang Pemilu.

Endro Saputro, menjelaskan bahwa acara ini berhasil menyatukan umat Katolik dalam semangat persaudaraan dan kebangsaan. Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi, menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.

Utusan umat menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini yang memberikan kontribusi dalam membangun kesadaran umat Katolik akan peran penting mereka dalam proses demokrasi.

Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong dan kesadaran akan tanggung jawab sosial umat Katolik dalam konteks kebangsaan.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam, umat Katolik di Keuskupan Agung Palembang siap menjalani pemilu dengan damai dan bertanggung jawab, menjadi bagian penting dari proses pembangunan bangsa yang adil dan sejahtera. (*)

Pensiunan pendidik di SD Xaverius 2 Palembang, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi di universitas Bina Darma Palembang, dan Sekretaris ISKA Palembang

Leave A Reply

Your email address will not be published.