Tangis Duka Iringi Pemakaman Uskup John Saklil

Proses perarakan jenasah Mgr. John Saklil ke pemakaman di Timika Papua

0 177

Katolikana.com – Sesudah Misa Requiem di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, dilakukan prosesi perarakan jenasah Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil pada Rabu, 7 Agustus 2019, sekitar jam empat sore waktu di Papua, dihadiri oleh seribuan umat katolik di Tanah Papua.

Tangisan terdengar di dalam gereja, di luar gereja. Air mata tumpah mengiringi penghormatan terakhir pemimpin gereja tertinggi di Keuskupan Timika dan Keuskupan Merauke. Uskup John Saklil juga dikenal pemimpin yang dihormati di Tanah Papua.

Sekitar enam imam terlihat memikul peti jenasah Mgr. John Philip Saklil dari dalam gereja hingga di halaman gereja. Jenasah kemudian dimasukan ke dalam mobil ambulance lalu diarak oleh umat yang berjalan kaki menuju pemakaman, yang jaraknya sekitar empat kilometer.

 

 

Duka dan kesedihan mendalam mengiringi perarakan jenasah Uskup John Saklil, dari Gereja Katedral Timika menuju Kompleks Pemakaman Imam-Iman Diosesan Keuskupan Timika, yang lokasinya berdekatan dengan Rumah Uskup John Saklil.

 

Perarakan Jenasah Uskup John Saklil oleh Seribuan Umat Katolik di Timika. Foto: Katolikana.com/Basilius Supangat

 

Cuaca di Timika hujan. Sebagaimana kepercayaan orang Papua, bahwa alam turut mengiringi dan mengantar kepergian orang yang berpengaruhi di kalangan masyarakat di Papua.

Laporan Basilius Supangat, Kontributor Katolikana.com di Timika

Pemimpin Redaksi dan Penanggung Jawab Katolikana.com, penulis dan editor, suka dengan alam, dengar musik klasik, dan jogging.

Leave A Reply

Your email address will not be published.