Cosmas Batubara Tutup Usia, Berikut Jadwal Misa Requiem

0 381

Katolikana.com – Mantan menteri di era pemerintahan Presiden Soeharto, Cosmas Batubara, pagi tadi, Kamis (8/8) pada pukul 03.27 menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta.

Berdasarkan pesan yang kami terima melalui Whatsapp, jenazah akan disemayamkan di kediaman Jalan Cidurian no 3, Cikini, Jakarta Pusat.

Cosmas menikah dengan Cypriana Pudyati dari Yogyakarta. Perkawinan Cosmas-Cypriana dikarunia dua putra dan dua putri, yakni Cypriana Pudyati Hadiwidjana, Artur dan Rika Batubara, Robert dan Prisca Andriessen, Heber dan Elfrida Sijabat, serta Hendra Batubara. Sementara, keenam cucunya adalah Dika, Arya, Anin, Nathan, Lauren, dan Breeana.

Untuk diketahui, sejak setahun terakhir, Cosmas intensif menjalani perawatan di RSCM. Sebelumnya, ia juga melakukan pengobatan selama lebih kurang dua tahun di Jepang.

Saat menjadi mahasiswa, Cosmas Batubara menjabat sebagai Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat.

Ia kemudian tercatat sebagai salah satu anggota aktif di Partai Golkar. Ia juga pernah menduduki posisi sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat, dan Menteri Tenaga Kerja di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Saat ini, Cosmas menjabat sejumlah jabatan penting di perusahaan, yakni Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan Komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD).

Rencananya, malam ini pihak keluarga akan mengadakan Misa Requeim di kediamannya pada pukul 18.30 kemudian dilanjutkan dengan upacara adat Batak.

Menurut jadwal yang redaksi terima, esok hari, Jumat (9/8), Pengurus Pusat PMKRI akan mengadakan penghormatan terakhir pada pukul 15.00, setelah itu akan diadakan misa tutup peti pada pukul 16.00.

Lusa, atau Sabtu (10/8), akan diadakan misa di Gereja St. Theresia, Jalan Gereja Theresia No. 1, Menteng, Jakarta, kemudian pukul 12.00-14.00 akan dilakukan penghormatan terakhir di Kementerian Tenaga Kerja. Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta pada pukul 14.00.

 

Wartawan Katolikana.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.